TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Libur Panjang, Penumpang Pesawat Di Bandara AP II Diprediksi Tembus 1 Juta Orang

Oleh: Farhan
Jumat, 10 Mei 2024 | 11:11 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Bandara PT Angkasa Pura II siap menyambut penumpang pesawat pada masa libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024. 
Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro mengatakan seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan slot time (ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara) guna mengakomodir permintaan penerbangan.  
“AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.
Apabila dinilai perlu, kata dia, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai. AP II juga memastikan ketersediaan slot time.

“AP II bersama maskapai berupaya untuk memastikan kapasitas penerbangan dapat memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend ini,” ujar Cin Asmoro. 

Lebih lanjut, Cin Asmoro memaparkan, pada long weekend 9-12 Mei 2024 jumlah penumpang pesawat di 20 bandara yang dikelola AP II diproyeksikan mencapai 1 juta orang. Jumlah tersebut naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal. 

Sementara, untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan,” ujar Cin Asmoro. 
Adapun khusus Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan.

Cin Asmoro menuturkan, pada periode sibuk ini seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah ttitik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan. “Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara,” ujar Cin Asmoro. 
Bandara-bandara AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini dilengkapi dengan hutan mini dan area hijau di sejumlah titik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih hijau dan lebih baik. 

Akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta kini juga diperkuat dengan adanya East Flyover yang ada di area depan kawasan bandara guna semakin memudahkan kendaraan bermotor menjangkau segala arah. 
Menurut dia, Bandara Soekarno-Hatta terus meningkatkan passenger journey experience secara berkelanjutan. Berbagai peningkatan pelayanan yang telah dilakukan membawa Bandara Soekarnor-Hatta kini berada di peringkat 28 dalam daftar 100 bandara terbaik dunia 2024 yang dirilis Skytrax, naik 15 posisi dari 2023. 

“Tentunya kami selalu berupaya agar peringkat Bandara Soekarno-Hatta terus dapat meningkat ke depannya melalui beragam peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat,”

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo