TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden AS Jo Biden Dan Presiden China Xi Jinping Mau Kopi Darat Di Bali

Oleh: MEL/AY
Senin, 15 Agustus 2022 | 10:11 WIB
Presiden AS dan Presiden China Xi Jinping. (Ist)
Presiden AS dan Presiden China Xi Jinping. (Ist)

JAKARTA - Washington dan Beijing tengah mengagendakan pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan ini diharapkan menurunkan ketegangan di Taiwan.

Xi dan Biden kemungkinan akan menghadiri dua agenda Internasional yang sama. Yakni, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November nanti dan KTT APEC di Bangkok, Thailand, pada bulan yang sama.

Dilansir Surat kabar AS, Wall Street Journal (WSJ), para pejabat China sedang merencanakan perjalanan Xi ke Asia Tenggara. Jika terwujud, ini menjadi kunjungan luar negeri pertama Xi sejak pandemi Covid-19.

Xi kemungkinan besar akan berkunjung ke Indonesia pada November. Selain mengikuti G20 di Nusa Dua, Bali, dia bersama Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Gedung Putih juga tengah merencanakan pertemuan langsung Biden dengan Xi. Kedua pemimpin sebenarnya sudah beberapa kali berkomunikasi langsung, meski secara virtual. Pertemuan langsung keduanya diharapkan bisa menurunkan ketegangan soal Taiwan serta isu perdagangan.

Seorang sumber pejabat Gedung Putih mengatakan, Biden terbuka untuk bertatap muka dengan Xi, termasuk di sela pertemuan G20. Namun belum ada kepastian hingga saat ini.

“Kami tidak punya rincian tentang waktu atau lokasi,” akunya dikutip WSJ.

Sementara itu, Penasihat Biden untuk urusan Indo Pasifik Kurt Campbell mengatakan, kedua pemimpin telah membahas rencana pertemuan tatap muka dalam percakapan telepon pada akhir Juli lalu.

“Saya bisa mengonfirmasi kedua pemimpin mendiskusikan kemungkinan pertemuan tatap muka dalam telepon baru-baru ini dan setuju agar tim mereka masing-masing menindaklanjuti kegiatan ini,” kata Campbell.

Sejak dilantik menjadi Presiden AS, Biden sudah beberapa kali kontak-kontakan dengan Xi. Kontak pada 27 Juli lalu merupakan diskusi jarak jauh kelima, Biden dan Xi.

Hubungan AS-China makin tegang akibat kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR AS) Nancy Pelosi ke Taiwan awal Agustus ini. Xi melayangkan kritik keras atas kebijakan AS terhadap Taiwan.

Taiwan adalah sebuah pulau yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya. Namun negara demokratis itu memiliki hubungan dekat dengan AS. Meskipun pejabat AS sering mengunjungi Taiwan, namun Beijing menganggap perjalanan Pelosi sebagai provokasi besar. Sebab, Pelosi merupakan orang berpengaruh ketiga di AS setelah Presiden dan Wapres. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo