TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Biaya Kuliah Mahal, Hati-hati Mahasiswa Bisa Terjerat Utang

Oleh: Farhan
Jumat, 24 Mei 2024 | 14:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Polemik kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) membuat wacana student loan atau pinjaman untuk mahasiswa, kembali mencuat. Namun, sebagian pihak menilai program tersebut tidak menyelesaikan masalah, karena membebankan semua biaya kuliah kepada mahasiswa.

Wacana student loan mencuat dalam rapat antara Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Selasa (21/5/2024). Rapat tersebut antara lain membahas tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan UKT.

Nadiem mengatakan, rencana program student loan masih dibahas secara internal. Menurut dia, student loan membutuhkan pembahasan panjang, utamanaya dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Belum ada keputusan detail yang bisa saya umumkan, baru tahapan diskusi,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Dia mengatakan, student loan masih jauh dari kata sepakat. Saat ini, opsi pinjaman itu masih berada di tahap diskusi inter­nal. “Butuh waktu lama untuk menggolkan usul tersebut,” imbuhnya.

Sementara, anggota Komisi IX DPR Andreas Hugo Pareira pesimistis pinjaman mahasiswa diberlakukan. Dia khawatir, opsi yang awalnya diharapkan mempermudah para mahasiswa dan orang tua, malah membuat mereka semakin sengsara.

Andreas mencontohkan kasus viral pada awal 2024, di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pihak kampus bekerja sama dengan pinjaman online (pinjol) Danacita untuk membantu pem­biayaan UKT mahasiswa.

“Kami telah menerima kabar, Kemendikbudristek tengah mempertimbangkan memben­tuk student loan. Saya ber­harap, Pemerintah berhati-hati menerbitkan pinjaman ini agar mahasiswa dan masyarakat tidak terjerat utang,” tegasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2024).

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendo­rong perbankan menyediakan student loan.q

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, pihaknya mendorong lembaga keuangan, khususnya perbankan, menyediakan student loan yang murah, untuk menga­tasi masalahan biaya kuliah.

Kami diskusi dengan peny­elenggara jasa keuangan, ayo dong dibuka student loan, den­gan skema yang lebih student friendly. Misalnya, bayarnya pas anaknya (sudah) kerja,” cetusnya.

Wacana student loan juga ramai dibahas netizen di media sosial X. Akun @6363114d ber­harap, Pemerintah mengucur­kan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), untuk pembiayaan pendidikan tinggi. Sebab, jumlah generasi muda Indonesia yang sampai di bang­ku kuliah, masih sangat sedikit.

Senada, akun @rotijamak­lima juga menyesalkan lahirnya wacana tersebut. Dia menilai, wa­cana itu tidak tepat di saat banyak rakyat miskin berusaha melepas­kan diri dari jeratan pinjol.

“Saat UKT naik tinggi, solusinya dikasih student loan. Ini sama saja mengarahkan atau menjerumuskan mahasiswa ke pinjol versi education. Padahal, pajak terus ditarikin, emang pa­jak rakyat cuma buat pejabat!” cetusnya.

Sementara, akun @eazybree­zylemon berharap, pemerintah mendorong lebih banyak genera­si muda, agar lebih bersemangat dalam menggapai pendidikan tinggi.

“Persentase warga yang ma­suk perguruan tinggi kecil, masih banyak narasi kuliah ng­gak guna, malah bikin wacana student loan. Pas lulus kuliah, sulit nyari kerja, dapat kerja tapi gajinya kecil, terus harus bayar pinjaman?” ulasnya.

Akun @famajiid meminta Pemerintah belajar dari penera­pan student loan di negara lain. Menurut dia, program itu telah melahirkan banyak masalah, dan berlangsung bertahun-tahun.

“Nggak cuma di Amerika. Teman saya di Kanada, pernah curhat kondisi serupa. Dia ter­jerat student loan hingga harus kerja 3 pekerjaan dalam satu waktu, selama bertahun-tahun, untuk membayar. Ketika lanjut S2 dengan beasiswa, dia juga harus kerja untuk bayar student loan. It’s stressful,” ungkapnya.

Akun @lukman_aryan­to mengusulkan, pihak per­guruan tinggi aktif membantu meringankan biaya kuliah.

“Kampus negeri punya banyak cara, solusi, untuk menunjang ke­giatan belajar mengajar, ketimbang pakai student loan. Misalnya, membangun relasi dengan para alumni yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar dengan berbasis value,” usulnya.

Komentar:
Kecamatan Pamulang
ePaper Edisi 26 Juni 2024
Berita Populer
04
Jemaah Haji Asal Tangsel Aman Dari Heatstroke

TangselCity | 1 hari yang lalu

05
Jokowi Effect Di Pilkada

Nasional | 2 hari yang lalu

06
Dipicu Pelaksanaan Haji, Cak Imin & Yaqut Kembali Memanas

Ibadah Haji 2024 | 1 hari yang lalu

09
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo