TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Soal Posisi Politik PDI Perjuangan Masih Samar

Laporan: AY
Selasa, 28 Mei 2024 | 10:55 WIB
Politisi PDIP Masinton Pasaribu. Foto : Ist
Politisi PDIP Masinton Pasaribu. Foto : Ist

JAKARTA - Sikap politik PDI Perjuangan (PDIP) terhadap Pemerintahan baru, masih samar. Sejumlah indikator diungkapkan. Di antaranya, menunggu Presiden terpilih dilantik hingga Pemerintahannya terbentuk.

“PRESIDEN terpilih belum dilantik (definitif) dan Pemerintahannya juga belum terbentuk," kata politisi Banteng, Masinton Pasaribu, di Jakarta, kemarin.

Ketua Organizing Committe Rakernas V PDIP ini mengamini, kegiatan Rakernas tiga hari di Ancol belum lama ini belum me­nentukan posisi politik partainya akan berada di dalam atau di luar Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dijelaskan, keputusan itu bersifat strategis. Oleh karena itu akan diputuskan dalam kongres partai.

“Posisi politik PDIP terhadap Pemerintahan yang akan datang, merupakan hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan dalam Kongres Partai,” katanya.

Mantan aktivis 98 ini menganalogikan, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri se­dang melakukan seni bernegara, dengan belum memutuskan tegas posisi partainya terhadap Presiden terpilih. Asumsinya, segala keputusan harus dipertim­bangkan secara rasional.

"Politik adalah seni yang melibatkan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi bagaimana suatu negara atau Pemerintahan yang akan datang dijalankan. Sebagai seni bernegara, Bu Mega dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis pastinya atas pertimbangan rasional dan yang terbaik buat masa depan demokrasi yang saat ini mengalami kemunduran," ucapnya.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, bicara sikap politik PDIP berada di dalam atau luar Pemerintahan selanjutnya. Dia menilai, sikap politik PDIP terkait Pemerintahan ke depan perlu perhitungan.

Hal tersebut, disampaikan Mega saat pidato penutupan Rakernas V PDIP di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5). Pada kesempatan ini, Mega tak menyampaikan sikap PDIP di Rakernas.

"Lah ini kan juga, kan 'Sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan', gitu kan. Lah iya, loh enak ae. Kalau menit ini saya ngomong, hi-hi, kan harus dihitung secara politik," katanya.

Mega berkelakar, banyak pihak yang menunggu sikap politik PDIP di dalam atau luar Pemerintah. Dia menyebut akan 'memainkan dulu' soal sikap politik. "Aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang he-he enak aja, ya dong. Gua mainin dulu dong," kelakarnya.

Komentar:
Kecamatan Pamulang
ePaper Edisi 24 Juni 2024
Berita Populer
04
Jemaah Haji Asal Tangsel Aman Dari Heatstroke

TangselCity | 1 hari yang lalu

05
Dipicu Pelaksanaan Haji, Cak Imin & Yaqut Kembali Memanas

Ibadah Haji 2024 | 1 hari yang lalu

08
09
10
Jokowi Effect Di Pilkada

Nasional | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo