TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tahun Ajaran Baru, Emak-emak Serbu Toko Seragam Sekolah

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 12 Juli 2024 | 07:15 WIB
Orang tua siswa yang didominasi ibu-ibu memadati toko penjual perlengkapan sekolah yang berada di Jalan Haji Usman, Ciputat.(dra)
Orang tua siswa yang didominasi ibu-ibu memadati toko penjual perlengkapan sekolah yang berada di Jalan Haji Usman, Ciputat.(dra)

CIPUTAT-Jelang tahun ajaran baru sekolah, toko seragam sekolah di kawasan Pasar Ciputat diserbu warga. Sejumlah orang tua siswa mulai mempersiapkan perlengkapan kebutuhan pendidikan putra-putrinya, salah satunya seragam sekolah.

Salah satu toko yang menjual perlengkapan sekolah berada di Jalan Haji Usman, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat.

Di toko itu, terlihat, orang tua murid yang didominasi oleh ibu-ibu silih berganti mendatangi toko untuk mencari perlengkapan sekolah.

Salah seorang karyawan toko, Azza Nurfitriani mengatakan, wali murid yang datang untuk mencari perlengkapan sekolah mulai ramai terhitung sejak awal bulan Juli 2024 lalu.

“Sejak awal bulan Juli sudah ramai yang mencari seragam. Yang dicari campur-campur ada yang untuk anak SD, SMP dan SMA. Kebutuhan pesantren juga ada,” kata Azza, Kamis (11/7).

Ia mengungkapkan, selain seragam sekolah, para orang tua siswa juga mencari berbagai perlengkapan seperti kaus kaki, topi bahkan dasi.

Untuk seragam sekolah sendiri memiliki harga yang bervariatif sesuai tingkatan sekolah dan ukuran baju yang dibanderol mulai harga Rp 55 ribu hingga Rp128 ribu.

Setiap harinya, lanjut Azza, tokonya dapat menjual kurang lebih 100 seragam sekolah dari seluruh tingkatan setiap harinya.

“Untuk seragam yang laku hampir merata, karena tahun ajaran kan masuknya barengan. Sehari kurang lebih 100 item perlengkapan,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, salah seorang pembeli, Diana Wulandari menyebut, dirinya selalu memilih toko tersebut untuk membeli kebutuhan sekolah anaknya.

“Kebetulan anak-anak saya masuk sekolah, masuk SD dan SMP. Saya beli perlengkapan di tempat langganan kami. Ya seperti biasa lah, baju seragamnys dan atribut buat anak-anak kami,” katanya.

Ia tak menampik bahwa harga seragam sekolah tahun ini dan tahun sebelumnya terjadi kenaikan, namun tidak terlalu signifikan.

“Ada kenaikan, tapi kalau dibandingkan sebelumnya paling hanya Rp 1.000 atau Rp 2.000. Tapi namanya orang tua kalau buat anak, harus diada-adain,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo