TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pendaftaran Capim KPK Banyak Juga, Diburu 107 Orang

Laporan: AY
Sabtu, 13 Juli 2024 | 08:43 WIB
Gedung KPK. Foto : Ist
Gedung KPK. Foto : Ist

JAKARTA - Pendaftar yang berminat menjadi pimpinan KPK ternyata banyak juga. Sampai kemarin, tembus 107 orang. Sebanyak 105 laki-laki, 2 perempuan.

Data tersebut disampaikan Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK, Arif Satria, dalam diskusi yang disiarkan di YouTube KPK, Jumat (12/7/2024). Arif merinci, para pendaftar itu berasal dari berbagai daerah. Jawa Barat 28 orang, Jakarta 19 orang, Jawa Timur 11 orang, Banten 10 orang, Jawa Tengah 6 orang. Selain itu, ada juga dari Kalimantan Barat, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Arif menambahkan, pendaftar calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK juga lumayan banyak. Total ada 87 orang. Sebanyak 76 laki-laki, 11 orang perempuan. "Sebarannya masih sama, Jawa Barat, DKI masih mendominasi,” terang Arif.

Arif memperkirakan, pendaftar akan terus bertambah. Hal tersebut terlihat dari yang membuat akun pendaftaran. Per Jumat (12/7/2024), ada 682 orang yang sudah membuat akun. "Artinya, 682 itu merupakan orang yang tertarik mempersiapkan diri dalam rangka mendaftar sebagai Capim atau Cadewas KPK," ungkapnya.

Pendaftaran Capim dan Dewas KPK dibuka 26 Juni 2024, berakhir 15 Juli 2024, atau tersisa dua hari lagi dari sekarang.

KPK merespons jumlah perempuan pendaftar Capim KPK yang masih sedikit. KPK meminta para perempuan terbaik bangsa Indonesia segera mendaftar.

KPK mendorong srikandi-srikandi terbaik di Indonesia untuk turut serta melakukan pemberantasan korupsi dengan mendaftar sebagai calon pimpinan KPK," tantang Jubir KPK, Tessa Mahardhika, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/7/2024).

Sebelumnya, Wapres KH Ma'ruf Amin mengajak putra putri terbaik bangsa yang memiliki keinginan untuk memperbaiki KPK agar segera mendaftar sebagai Capim KPK periode 2024-2029.

"Saya harapkan banyak orang yang ingin memperbaiki KPK. Jangan hanya berteriak-teriak saja, ya daftar saja," seru Wapres, usai meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7/2024).

Deputi KPK Daftar Capim KPK 

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menjadi salah satu yang mendaftarkan diri sebagai Capim KPK. Kepastian itu disampaikan Pahala dalam diskusi 'Daftar Capim KPK, Kuatkan Harapan Indonesia' yang digelar secara daring, Jumat (12/7/2024).

Pahala ingin memperbaiki kinerja pemberantasan korupsi yang jalan di tempat selama dua dekade terakhir. Ia pun mengajak tokoh yang sudah berumur 50 tahun ke atas untuk ramai-ramai mendaftar.

"Pansel semakin bahagia juga kalau milih lebih banyak, (jadi) lebih baik," ucap Pahala.

Kata dia, untuk menjadi Capim KPK, tidak mesti dari penegak hukum. "Insan KPK ingin berpesan teman-teman yang di swasta, ayo dong (daftar). Swasta auditor yang jago, forensik yang jago, yang biasa menjalankan korporasi besar yang sudah terbukti, ayo dong mendaftar. Habiskanlah 5 tahun membantu KPK, membantu negara," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo