TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Weekday Ke Sawah, Weekend Olahraga Sepedaan

Laporan: AY
Senin, 15 Juli 2024 | 08:09 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Dalam 1 pekan ini, kegiatan Presiden Jokowi cukup padat. Saat weekday, Jokowi turun ke sawah di luar kota. Saat weekend, Jokowi sepedaan di Jakarta.

Presiden turun ke sawah saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung selama dua hari, Kamis dan Jumat, 12 sampai 13 Juli 2024. Hari pertama di Lampung, Presiden langsung turun ke sawah. Tepatnya ke persawahan di Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Kamis (12/7/2024).

Tujuan Jokowi ke persawahan untuk memberikan pompa pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) kepada petani di Desa Bandan Hurip. Jokowi tiba dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana bahan berwarna hitam.

Setibanya Jokowi di lokasi, para petani sedang bercocok tanam. Lahan yang masih beralaskan tanah merah, sedang mereka tanami padi. Dengan penuh bahagia, mereka antusias menyambut pemberian pompanisasi oleh Presiden.

“Ini penanaman padi yang baru dimulai, ini para petani,” kata Presiden sambil mengarahkan kamera handphone-nya ke arah petani yang mendekat dan melambaikan kedua tangan mereka, seperti dikutip dari laman Instagram @jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden melakukan sesi video blog (vlog) untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pompanisasi bagi pertumbuhan tanaman, khususnya padi. “Senang semuanya?” tanya Presiden.

“Senang, bahagia. Terima kasih, Pak. Mudah-mudahan padi yang kita tanam sekarang hasilnya bagus, berkah, dan melimpah,” jawab mereka, kompak.

Presiden pun mendoakan agar padi yang ditanam warga Bandan Hurip bisa panen tiga kali dalam setahun. “Amin. Doakan kami ya Pak agar tanaman padi kami bisa subur dan dijauhkan dari hama dan penyakit,” harap mereka.

Dua hari habis turun ke sawah, Jokowi sudah sepedaan di Jakarta. Rute yang dilalui mulai dari Jalan MH Thamrin hingga ke Jalan Jenderal Soedirman. Jalan bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD) di setiap Minggu pagi ini sengaja dipilih Presiden untuk menyapa rakyat. Caranya sebagaimana rutinitas Presiden di setiap weekend, yaitu dengan menggowes sepeda.

Presiden mengayuh sepeda kayunya menyusuri jalanan hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sepanjang perjalanan, tampak warga yang sudah berjejer melihat kedatangan Presiden tak lupa untuk menyapa.

Pak Jokowi,” kata salah seorang warga.

Selanjutnya, Presiden pun berhenti sejenak untuk beristirahat dan berinteraksi dengan masyarakat di dekat Halte TransJakarta Bundaran HI. Ferren, seorang warga merasa beruntung bisa bertemu Jokowi.

“Tidak nyangka banget karena baru pertama kali ke CFD terus langsung ketemu Pak Jokowi. Baru pertama kali CFD terus langsung ketemu orang nomor satu di Indonesia, senang banget,” kata Ferren.

Yoshua, warga lainnya juga tidak ketinggalan mengabadikan momen ini. Dengan percaya diri, Yoshua mengajak Presiden untuk selfie. Selain itu, Yoshua juga meminta tanda tangan mantan Wali Kota Solo tersebut di pakaian yang digunakannya.

“Tadi saya panggil bapak untuk foto bersama dengan bapak dan meminta izin untuk tanda tangan dan beliau berkenan untuk tanda tangan. Sehat terus untuk Bapak Jokowi sampai akhir masa jabatannya. Tetap semangat membawa negara kita semakin maju,” doa Yoshua.

Pujian terhadap Jokowi lantaran aktif bertemu rakyat bukan cuma terjadi di dunia nyata. Penghuni dunia maya juga rame-rame memberikan pujian terhadap Jokowi.

“Car free day hari ini rame banget karena ada event hari kebaya nasional sama random banget tiba-tiba ada Pak Jokowi,” tulis @bellefleur_21.

“Dilihat dari animonya, beliau masih sangat dicintai & Indonesia masih baik-baik saja,” timpal @haipanjishere.

“Satu-satunya presiden yang senang berkunjung ke sawah hanya pak Jokowi. Ini sebuah kebaikan, mohon jangan dianggap pencitraan. Jika anda menganggap ini pencitraan, maka fiks hati anda kotor,” cuit @idrisyman.

Sedangkan akun @WiratamaNu35265 membandingkan kegiatan Jokowi dan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang sama-sama melakukan aktivitas di tengah keramaian publik. Namun, sayangnya nasib nahas dialami Donald Trump karena terkena tembakan di bagian telinganya saat kampanye di Pennsylvania.

“Apresiasi saya Jokowi sudah banyak lakukan kunjungan dengan banyak keramaian publik. Paling ekstrim pernah motoran di Papua Pegunungan sih atau ke daerah zona merah di sana juga,” pungkas dia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo