TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Wakil Presiden RI Resmikan Kresek Sebagai Kampung Santri

Oleh: Mg.Fikri
Senin, 15 Juli 2024 | 15:04 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Wakil Presiden RI hadiri Gebyar Muharam sekaligus lakukan peresmian atas dijadikannya Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, menjadi Kampung Santri.

Kegiatan ini merupakan suatu apresiasi Ma’ruf Amin terhadap santri yang ada di wilayah Kecamatan Kresek yang sudah ada sejak lama.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, menjelaskan bahwa di Kresek ini memang sudah menjadi sebagai kampung santri sejak dirinya lahir di wilayah Kresek.

“Jadi, kalau ada yang ngasih pernyataan mengembalikan Kresek jadi kampung santri sama dengan orang tobat, tobat itukan artinya kembali, jadi orang tobat itu orang kembali,” ucap Ma’ruf, Minggu (14/7/2024).

Menurut Ma’ruf santri itu memiliki peran yang begitu besar, bukan hanya di wilayah Kresek saja, namun seluruh wilayah Banten, hal ini dikarenakan sudah sejak pemerintah Hindia Belanda santri ikut berjuang seperti Geger Cilegon yang terjadi pada 1888.

Namun atas berperan pentingnya santri, maka hal ini dapat disesuaikan oleh tugas pesantren, sehingga dapat menyiapkan orang-orang yang paham dengan agama dan dapat dijadikannya orang yang dapat memakmurkan dunia.

“Jadi santri itu biar dakwah pulangnya, sekarang banyak banget santri yang kurang karena ga melakukan dakwah, malah kebanyakan dagang,” katanya.

Hal tersebut menjadi keluhan seorang wakil presiden, hal ini dikarenakan banyaknya santri pada zaman sekarang yang kualitasnya berkurang, karena terlalu fokus kepada perdagangan.

Wakil presiden juga menegaskan kalau seluruh pesantren pada zaman sekarang harus menjadi tempat untuk mengembangkan perekonomian diri sendiri maupun wilayah.

“Kita harus bisa memakmurkan bumi, yaitu kuncinya ada di ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pesantren yang ada pada zaman sekarang itu banyak yang membuka sekolah SMK untuk melakukan pelatihan pendidikan vokasi,” jelasnya.

Peresmian ini juga ditandai dengan dilakukannya penandatanganan prasasti secara langsung oleh Wakil Presiden, Ma’aruf Amin.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo