TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Resmi Mundur Sebagai Wali Kota Solo

Oleh: Farhan
Rabu, 17 Juli 2024 | 08:47 WIB
Gibran mengantarkan surat pengunduran diri diterima oleh Ketua DPED Solo. Foto : Foto : Ist
Gibran mengantarkan surat pengunduran diri diterima oleh Ketua DPED Solo. Foto : Foto : Ist

SOLO - Gibran Rakabuming Raka resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Putra sulung Presiden Jokowi itu kini memusatkan perhatian sebagai Wakil Presiden yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Kabar mengenai pengunduran diri Gibran sudah terdengar sejak akhir pekan lalu. Namun, saat dimintai konfirmasi, Gibran tidak memberikan jawaban pasti. Ia hanya meminta para wartawan untuk menunggu.

Kepastian mengenai pengunduran diri Gibran baru terungkap pada Selasa (16/7/2024). Gibran bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan Sekda Pemkot Solo, Budi Murtono berangkat menuju Gedung DPRD Kota Solo. Ketiganya tiba di lokasi sekitar pukul 14.45 WIB.

Turun dari mobil, Gibran langsung masuk gedung sambil menenteng map putih berlogo Wali Kota Surakarta.

Kedatangan Gibran disambut Ketua DPRD Kota Solo Budi Prasetyo dan langsung diajak masuk ke ruangannya. Di dalam, telah menanti pimpinan DPRD Kota Solo, yakni Sugeng Riyanto, Ahmad Sapari, dan Taufiqurrahman. Selain itu, terlihat pula Sekretaris DPRD Kota Solo (Sekwan) Kinkin Sultanul Hakim.

Setelah itu, Gibran dan pimpinan DPRD menggelar pertemuan tertutup. Satu jam kemudian, Gibran muncul. Kepada wartawan, Gibran mengatakan, kedatangannya untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

“Hari ini, kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Bapak Ketua DPRD Kota Solo dan untuk selanjutnya agar diproses sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujarnya.

Dengan surat pengunduran diri tersebut, lanjut Gibran, maka per Rabu (17/7/2024), dia sudah tidak lagi menjabat sebagai Wali Kota Solo dan tidak akan ngantor lagi di Balai Kota.

Gibran menjelaskan, surat pengunduran diri tersebut akan diproses oleh DPRD Solo, lalu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah itu, Kemendagri akan mengeluarkan SK pemberhentian. Sambil menunggu SK keluar, Gibran memastikan akan ikut mengawal pembangunan Kota Solo.

“Namun, untuk tanda tangan, selesai di sore hari ini (Selasa). Sudah tidak ada pekerjaan-pekerjaan besar lagi yang saya handel,” ungkapnya.

Kenapa mundur? Gibran beralasan, untuk mempersiapkan diri sebagai Wakil Presiden terpilih dan akan dilantik pada 20 Oktober nanti. "Banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang," ungkapnya.

Suami Selvi Ananda ini juga mengatakan, setelah mengundurkan diri akan berkeliling daerah untuk belanja masalah. Gibran menyebut akan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah ia datangi.

Ia memastikan lokasi yang akan dikunjungi di luar Pulau Jawa. Selain itu, Gibran tak akan melibatkan diri jelang Pilkada serentak 2024.

"Fokusnya lebih ke belanja masalah, bukan Pilkada. Jakarta dan lokasi lain, terutama luar Jawa, IKN prioritas," jelasnya.

Ia mengaku, sudah bertemu dengan beberapa tokoh di Kota Solo. Ia juga akan melanjutkan pertemuan dengan warga besok.

Gibran juga mengungkapkan keputusannya mundur sudah sepengatahuan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Ia pun memohon doa agar segala urusan berjalan lancar. "Mohon pamit, maaf jika ada yang salah," ujarnya.

Beres-beres

Dari Gedung DPRD Solo, Gibran kembali ke ruang kerjanya. Kali ini, untuk membereskan barang-barang miliknya. Gibran memasukkan, barang pribadinya ke dalam kardus warna coklat yang ditaruh di atas meja.

Di atas meja kerjanya tampak menumpuk berkas dan buku. Selain itu, ada juga "mainan" seperti lego, action figure, dan setumpuk mobil balap mobil Tamiya dan Hot Wheels. Di samping mejanya berjejer buku, dan beberapa mainan pesawat.

Di tempat terpisah, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, Gibran menitipkan sejumlah hal kepadanya. Salah satunya, mengenai kelanjutan kepemimpinan Solo setelah dia mengundurkan diri.

"Beliau menyampaikan 'Pak Wakil ini dengan pengunduran diri saya berarti sisanya Pak Wakil yang memimpin nanti'. Ada beberapa yang dititipkan," kata Teguh, Selasa (16/7/2024).

Dirinya menyebut yang dititipkan Gibran yakni mengenai dana hibah Uni Emirat Arab (UEA) untuk Kota Solo. Selain itu, juga mengenai rancangan APBD perubahan dan rancangan APBD 2025.

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya akan segera memproses surat pengunduran diri Gibran dengan menggelar Paripurna. "Kalau ada surat masuk kita proses, nanti kalau sudah ada surat, ini belum ada surat masuk," bebernya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo