TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pembangunan IKN Terganggu Hujan

Laporan: AY
Rabu, 17 Juli 2024 | 10:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Pemerintah terus mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar sesuai target. Namun, hujan deras yang sering terjadi di wilayah Kalimantan Timur membuat pembangunan IKN cukup terganggu.

Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo, saat ditanya progres pembangunan IKN, di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7/2024). Jokowi mengatakan, sampai 17 Agustus nanti, progres pembangunan IKN diprediksi baru mencapai 15 persen.

Oleh karena itu, Kepala Negara berharap masyarakat tidak terlalu menaruh espektasi yang tinggi bahwa IKN sudah selesai. Kata dia, IKN merupakan proyek pembangunan jangka panjang. Butuh waktu puluhan tahun untuk menyelesaikannya.

“Jadi, jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu, sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu,” kata Jokowi.

Jokowi lalu berbicara tentang pentingnya investor dalam Pembangunan IKN. Investor, tambah Presiden, juga sangat diperlukan untuk menyokong pembangunan IKN. Sebab, Pemerintah hanya akan membangun infrastruktur dasar dan Kawasan Inti Pemerintahan (KIPP). Sisanya, semua pendukung IKN untuk menjadi sebuah kota yang maju, akan dibangun pihak swasta.

Makanya, dijelaskan mantan Gubernur DKI Jakarta itu, investasi ke IKN harus memiliki daya tarik yang besar buat para pemodal. “Kita berharap kepada investasi, kepada investor baik dalam dan luar negeri,” beber Jokowi.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Pemerintah kepada investor tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75/2024 tentang Percepatan Pembangunan IKN, yaitu Pemerintah akan memberikan maksimal dua siklus hak pengelolaan tanah. Bila siklus pertama sudah habis waktunya, Pemerintah dapat menentukan apakah pelaku usaha mau melanjutkan ke siklus ke-2 atau tidak.

Untuk Hak Guna Usaha (HGU) ditetapkan satu siklus pengelolaan jangka waktu paling lama 95 tahun. Kemudian, bisa dilanjutkan ke siklus kedua dengan waktu yang sama sesuai kriteria dan evaluasi Pemerintah. Artinya, untuk HGU maksimal bisa sampai 190 tahun.

Selain HGU, dalam Perpres yang ditandatangani Jokowi pada 11 Juli 2024 itu, diatur juga lamanya Hak Guna Bangunan (HGB) dan hak pakai. Disebutkan skema yang sama juga ditetapkan, diizinkan dulu satu siklus dan bisa menambahkan satu siklus tambahan.

Hanya saja, untuk dua hak tanah tersebut waktu paling lama untuk satu siklus pengelolaannya hanya 80 tahun. Bila bisa sampai dua siklus, artinya maksimal bisa mencapai 160 tahun.

“(HGU kepada investor hingga 190 tahun) itu sesuai dengan Undang-Undang IKN yang ada. Kita ingin memang Otorita IKN itu benar-benar diberikan kewenangan untuk menarik investasi yang sebesar-besarnya,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memberikan alasan yang hingga kini belum bisa berkantor di IKN. Kata Presiden, faktor hujan deras menyebabkan kemajuan pembangunan IKN menjadi terhambat.

“Kemarin memang targetnya kan Juli, tapi coba lihat ke IKN, seminggu di sana, tiap hari hujan terus, hujan deras banget,” sebut mantan Wali Kota Solo itu.

Selain itu, Jokowi belum bisa berkantor di IKN lantaran sejumlah fasilitas IKN yang belum siap. “Jadi, memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar,” tandas Presiden.

Terpisah, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN dari Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga menuturkan progres pembangunan batch 1 IKN hampir 90 persen. “Batch 1 sudah 88 persen lebih,” sebut Danis kepada Redaksi, Selasa (16/7/2024).

Pembangunan IKN terbagi menjadi dua batch hingga akhir tahun 2024. Di mana, Batch 1 IKN berisi pembangunan bendungan, jalan logistik, jalan tol, Istana Presiden, kantor presiden, sumbu kebangsaan, gedung sekretariat presiden, gedung sekretariat negara, kantor empat kementerian koordinator, rumah tapak jabatan menteri.

Sedangkan batch 2 IKN terdiri dari pembangunan hunian bagi aparatur sipil negara (ASN), jalan tol IKN. “(Batch 2) sekitar 48 persen,” imbuh Danis.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan perkembangan pembangunan infrastruktur inti di IKN. Kata Budi, kementeriannya terus menggenjot pembangunan bandara baru di IKN. Budi bilang, bandara VVIP di IKN sudah bisa digunakan pada Agustus.

“Progresnya (bandara baru di IKN) 50-60 persen,” jelas Menhub saat ditemui di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/7/2024).

Kemenhub juga sedang mempersiapkan Autonomous Rail Transit (ART). Menurut Menhub, akhir bulan ini trainset-nya datang. Pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan line yang sudah dibuat dengan beberapa teknis seperti pembangunan marka dan sebagainya.

“Sejauh ini time table dan aspek-aspek teknis sudah berjalan dengan baik,” cetus Budi Karya.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Otorita IKN terkait dengan transportasi darat, terutama bus. Kata Budi Karya, nanti ada bus yang keliling. “Nah kita bahas mana yang menjadi tanggung jawab Otorita IKN dan mana yang menjadi kewajiban dari Pemda maupun Pempus (Pemerintah Pusat). Nah itu kita bahas detail,” terang dia.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni menambahkan, seribu warganya bakal mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79.

“Seribu orang sebagai representasi warga dan elemen masyarakat Kalimantan Timur bisa terwakili, dan kita serahkan kepada Kesbangpol Kaltim untuk mengakomodir,” papar Sri Wahyuni.

Menurutnya, saat ini Pemprov Kaltim terus berupaya mempersiapkan kesuksesan penyelenggaraan detik-detik proklamasi untuk pertama kali di luar Jakarta. Untuk itu, Kesbangpol diminta mengundang pimpinan ormas, difabel, tokoh agama, pemuda, wanita dan tokoh atau pemuka adat. Termasuk Dinas Kominfo mengundang pimpinan media lokal.

“Umbul-umbul dan baliho (peringatan HUT) juga telah dipersiapkan (dipasang) sejak awal Agustus,” pungkas Sri Wahyuni, Minggu (14/7/2024).

Di tempat terpisah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan lapangan upacara siap digunakan unpata 17 Agustusan. Saat ini, Paskibraka tengah berlatih di Jakarta dan akan berangkat ke IKN pada 10 Agustus mendatang.

“Kami kemarin ngecek, lapangan sudah siap, perumahan juga sudah siap. Mudah-mudah semuanya berjalan lancar sesuai perkiraan,” kata Wakil Kepala BPIP Rima Agristina, Sabtu (13/7/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo