TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden Jokowi Disambut Meriah Pangeran MBZ Di Abu Dhabi

Laporan: AY
Rabu, 17 Juli 2024 | 21:59 WIB
Presiden Jokowi disambut  Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) setibanya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Rabu (17/7). Foto: Setpres
Presiden Jokowi disambut Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) setibanya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Rabu (17/7). Foto: Setpres

UNI EMIRAT ARAB - Presiden Jokowi mendapat sambutan upacara kenegaraan yang meriah, saat tiba di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Rabu (17/7). Ketika memasuki gerbang, rangkaian kendaraan Presiden melewati barisan pasukan berkuda dan berunta. Lalu 21 kali dentuman meriam menggelegar mengiringi kedatangannya. 

Selain itu, kedatangan Jokowi juga diwarnai atraksi jet tempur di langit Abu Dhabi dengan asap merah putih, warna bendera Indonesia.

Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) sudah menunggu di depan pintu masuk Qasr Al Watan. Sesaat setelah presiden Jokowi keluar dari mobil kepresidenan, keduanya bersalaman kemudian berfoto bersama.

Presiden MBZ dan Presiden Jokowi kemudian berjalan melewati jajar pasukan kerajaan dan pasukan musik tradisional "Al Ayyala". Tampak sejumlah anak kecil turut menyambut kedua pemimpin.

Setelah itu, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan. Kedua pemimpin tampak berdiri diapit bendera Indonesia dan UEA. Di hadapannya berbaris pasukan angkatan bersenjata UEA dari tiga matra.

Presiden Jokowi dan Presiden MBZ kemudian menerima laporan komandan upacara untuk kemudian melakukan inspeksi pasukan. Kedua pemimpin kemudian memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

Dari Indonesia hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Duta Besar untuk UEA Husin Bagis.

Selain itu hadir juga Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Kedua pemimpin kemudian melakukan pertemuan bilateral bersama delegasi masing-masing. Dalam pengantarnya, Presiden MBZ menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu Presiden Jokowi yang disebutnya sebagai saudara.

"Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates. Saya berterima kasih atas kunjungan yang murah hati ini, yang merupakan puncak dari perjalanan panjang hubungan yang bermanfaat dan erat antara kita dan kerja sama dan tulus demi kepentingan UEA, Indonesia, dan rakyatnya," ujar Presiden MBZ.

Presiden Jokowi pun berterima kasih atas sambutan hangat Presiden MBZ tersebut. "Terima kasih atas sambutan hangat Yang Mulia. Saya sangat hargai persaudaraan dan kerja sama erat kita selama 10 tahun ini," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dibacakan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain energi, pariwisata, hingga keuangan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed. Para pemimpin dunia termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menerima Order of Zayed. Upacara penyambutan kenegaraan ditutup dengan santap siang dengan Presiden MBZ.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo