TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jagoan Golkar Jauh Di Atas Jagoan Gerindra, Airin Di Banten Dan Kang Emil Di Jabar

Oleh: Farhan
Kamis, 18 Juli 2024 | 08:08 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Partai Golkar dan Partai Gerindra punya jagoan masing-masing untuk Pilgub Jawa Barat (Jabar) dan Pilgub Banten. Golkar saat ini berada di atas angin. Sebab, jagoan Golkar di Jabar dan Banten punya elektabilitas jauh di atas jagoan Gerindra.

Di Jabar, jagoan Golkar adalah Ridwan Kamil alias Kang Emil, sedangkan jagoan Gerindra disebut-sebut Dedi Mulyadi. Di Banten, jagoan Golkar adalah Airin Rachmi Diany, sedangkan jagoan Gerindra adalah Andra Soni.

Di Jabar, berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas, Kang Emil unggul jauh dibanding Dedi Mulyadi. Kang Emil berada di puncak dengan 36,6 persen.

Sedangkan Dedi, walaupun menempati posisi kedua, elektabilitasnya hanya 12,2 persen. Posisi ketiga ditempati Bima Arya dengan 1,6 persen, Atalia Praratya 1,6 persen, Ahmad Syaikhu 1 persen. Lalu, Alfiansyah Komeng, Deddy Mizwar, dan Desy Ratnasari masing-masing 0,8 persen.

Di Banten, masih berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, Airin juga berada di puncak dengan 38,3 persen. Untuk Andra Soni, namanya bahkan belum terpotret dalam survei tersebut. Yang ada di bawah Airin justru Wahidin Halim dengan 18,1 persen. Lalu, Rano Karno dengan bermodalkan 16,5 persen, Arief Wismansyah 6,9 persen, Irna Narulita dan Iti Octavia Jayabaya yang masing-masing memperoleh 3,7 persen, serta Achmad Dimyati Natakusumah dan Ahmed Zaki Iskandar yang sama-sama meraup elektabilitas sebesar 2,7 persen.

Padahal, Andra Soni sudah mendapatkan tiket untuk maju di Pilgub Banten. Dia dipasangkan dengan Achmad Dimyati Natakusumah. Koalisinya pun sangat gemuk. Ada tujuh partai yang mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah, yaitu Gerindra, PKS, PKB, NasDem, PAN, PPP, dan PSI. Total suara mereka mencapai 61 persen.

Golkar jelas senang melihat hasil survei ini. Beringin pun optimistis menatap Pilgub Banten dan Pilgub Jabar.

“RK tertinggi di Jawa Barat, dan Bu Airin tertinggi di Banten. Itu dua kader Golkar yang jelas posisinya dan sikap politiknya,” ujar Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono, kepada Redaksi, Selasa (17/7/2024) malam.

Saat ini, Beringin tengah membangun koalisi sekaligus mempersiapkan tahapan persiapan Pilkada. Dave memastikan, dalam membangun koalisi, Golkar tidak membatasi hanya dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Pilpres 2024.

“Kami selalu berkomunikasi dengan seluruh partai politik yang ada dalam upaya membangun koalisi-koalisi,” ucapnya.

Menurut Dave, yang terpenting adalah membangun bangsa agar masyarakat bisa terlayani dengan baik. Begitu juga target-target Pemerintah, baik saat ini maupun pemerintahan selanjutnya, bisa tercapai sesuai ekspektasi.

Dalam pandangan analis politik, untuk di Jabar dan Banten, posisi jagoan Golkar memang berada di atas jagoan Gerindra. “Tak ada bantahan untuk itu,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, saat dihubungi Redaksi, Rabu malam (17/7/2024).

Namun begitu, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah ini mengingatkan, Golkar untuk tetap hati-hati, khususnya di Banten. Sebab, Gerindra punya tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dalam mencalonkan Andra Soni. Apalagi saat ini Andra Soni sudah didukung tujuh parpol.

“Gerindra sepertinya punya level of confidence di atas rata-rata bisa mengalahkan Airin. Tinggal diuji di lapangan siapa yang menang nantinya,” pungkas Adi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo