TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

2 Wamen Baru Dari Politisi Gerindra Yang Akan Dilantik Presiden Jokowi, Ini Profilnya

Laporan: AY
Kamis, 18 Juli 2024 | 13:23 WIB
Thomas Djiwandono (kiri) dan Sudaryono (kanan) . Foto : Ist
Thomas Djiwandono (kiri) dan Sudaryono (kanan) . Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi akan melantik tiga wakil menteri (Wamen) baru dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Kamis (18/7), pukul 15.00 WIB sore nanti. 

Pelantikan ini mencakup posisi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Wakil Menteri Investasi (Wameninves), dan pergantian Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). 

Di antara nama-nama yang akan dilantik, dua di antaranya adalah kader Partai Gerindra, yakni Thomas Djiwandono yang akan dilantik sebagai Wamenkeu dan Sudaryono sebagai Wamentan.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. "Ya betul," jawab Dasco.

Profil Thomas Djiwandono

Thomas lahir di Jakarta pada 7 Mei 1972. Ia adalah anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono, mantan Gubernur Bank Indonesia, dan Biantiningsih Miderawati. 

Thomas merupakan keponakan dari Prabowo Subianto, presiden terpilih yang juga Ketua Umum Partai Gerindra. Dalam partai tersebut, Thomas menjabat sebagai Bendahara Umum.

Thomas pernah menempuh pendidikan di SMP Kanisius, Menteng, Jakarta, dan melanjutkan studi di Haverford College, Pennsylvania, Amerika Serikat, dengan fokus pada sejarah. 

Ia juga meraih gelar master di bidang International Relations and International Economics dari Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Kariernya dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada tahun 1993, dan kemudian di Indonesia Business Weekly pada tahun 1994. Thomas juga pernah bekerja sebagai analis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong. 

Pada tahun 2006, kariernya meningkat saat diminta oleh pamannya, Hashim, untuk bergabung dengan Arsari Group sebagai Deputy CEO. Di bidang politik, Thomas aktif sebagai kader Partai Gerindra dan menjadi calon anggota legislatif di Provinsi Kalimantan Barat.

Profil Sudaryono

Sudaryono lahir di Grobogan pada 23 Januari 1985. Ia adalah anak semata wayang dari pasangan Yahyo dan Suwarni. Sudaryono menempuh pendidikan di National Defense Academy of Japan dengan program beasiswa dari tahun 2004 hingga 2009.

Karier Sudaryono dimulai pada tahun 2014 sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy. Pada tahun 2018, ia menjadi CEO Garuda TV dan sejak 2019, memimpin PT Nusantara Telematics System. Sudaryono juga menjabat sebagai Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma sejak 2020.

Selain aktif di dunia profesional, Sudaryono juga terlibat dalam berbagai organisasi sosial. Ia menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan Ketua Dewan Pembina DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA). 

Dalam dunia politik, Sudaryono kini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo