TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pasokan Air Bersih Sudah Ngalir Di IKN

Laporan: AY
Sabtu, 20 Juli 2024 | 08:01 WIB
Maket Istana IKN. Foto : Ist
Maket Istana IKN. Foto : Ist

IKN - Pasokan air bersih sudah mengalir ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar para peserta Upacara Peringatan HUT ke-79 RI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kesiapan ini bakal dicek langsung Presiden Jokowi yang direncanakan berangkat ke IKN, 4-8 Agustus 2024.

Basuki menjelaskan, sejak Jumat (19/7/2024) sore, pasokan air bersih siap minum sudah berhasil dialirkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Intake Sepaku Semoi ke beberapa reservoir atau tempat penyimpanan air dan terus mengalir ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Guna memastikan hal tersebut, Basuki langsung terbang ke IKN. Ia menyebutkan, selain untuk memantau proses pengaliran ar, keberangkatannya juga dalam rangka memantau pembangunan IKN secara keseluruhan sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI.

“Makanya saya ke sana sekalian mengecek,” katanya, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (19/7/2024).

Plt Otorita IKN ini menambahkan, dalam rangka menyambut kesiapan tersebut, Presiden Jokowi direncanakan bakal berangkat ke IKN, awal Agustus 2024. “Pak Jokowi tanggal 4 sampai 8 Agustus 2024. Rencananya ya, saya tanya itu Agustus jadinya,” ucapnya.

Jokowi senang dengan perkembangan pembangunan di IKN. Dia pun siap berkantor di IKN secepatnya, jika semua fasilitas penunjang kebutuhan pokok seperti air dan listrik tersedia.

“Begitu ada lampu hijau, siap, saya akan berkantor di IKN,” ujar Kepala Negara, usai menyaksikan laga pembuka Piala Presiden, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Sampai saat ini, berbagai persiapan terus dilakukan Pemerintah untuk menyukseskan upacara kemerdekaan perdana di IKN. Sejumlah pengerjaan infrastruktur pendukung pun terus dikebut, seperti jaringan listrik dan internet.

PT PLN (Persero) menerangkan, pembangunan infrastruktur kelistrikan di IKN menunjukkan progres yang signifikan dan pasokannya siap digunakan untuk upacara HUT RI. Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, dari pembangkitan, suplai listrik bersih telah tersedia sebesar 10 megawatt (MW) yang bersumber dari PLTS IKN. Pasokan ini secara bertahap akan bertambah hingga 40 MW di akhir 2024.

“Ketersediaan pasokan listrik ini didukung dengan beroperasinya jaringan transmisi dan GIS 4 IKN (Gardu Induk Khusus IKN),” kata Gregorius, Selasa (16/7/2024).

Dari sisi distribusi, PLN sedang menyelesaikan pembangunan jaringan distribusi untuk KIPP IKN. Sehingga kawasan ini dapat disuplai dari 3 Gardu Induk (GI) jelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI mendatang.

Meskipun ketersediaan cadangan daya mencukupi, ia menyebut PLN tetap menyiapkan skema pengamanan kelistrikan 4 lapis yang di-backup dari GI 1, GI 2, UPS, dan genset. “Sehingga apabila terjadi keadaan darurat, suplai listrik tetap aman untuk keberlangsungan perayaan HUT ke-79 RI,” terangnya.

Untuk infrastruktur telekomunikasi di IKN, mulai diuji coba. Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko mengatakan, seluruh infrastruktur dan layanan Telkom Group di IKN disiapkan dengan capacity, diversity dan cyber security yang terbaik dan prima.

Infrastruktur dan layanan tersebut meliputi jaringan berkapasitas 200 giga byte per detik (Gbps) melalui 3 jalur, yakni Batu Ampar, Sepaku, dan Labangka. Semuanya terhubung ke 2 gateway internasional di Batam dan Manado serta 23 data center termasuk 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang.

Herlan menambahkan, pihaknya sudah melakukan serangkaian uji coba dengan rehearsal tes yang meliputi pengujian transport dan service, pengujian power dan pengujian jaringan Telkomsel secara live.

“Alhamdulillah, rehearsal test berjalan dengan lancar dan membuktikan keandalan infrastruktur dan layanan yang disediakan Telkom telah diuji dengan potensi-potensi gangguan yang bisa terjadi, terutama putusnya konektivitas,” jelasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo