TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Makan Bergizi Gratis, Produk Pangan Bisa Dipasok Dari Dalam Negeri

Laporan: AY
Sabtu, 20 Juli 2024 | 08:19 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Foto : Ist
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Perta­nian, Amran Sulai­man menyatakan, program makan bergizi gratis yang menjadi program an­dalan Presiden terpilih Prabowo Subianto bisa dipenuhi oleh produksi pangan dalam negeri. Karena itu, Amran berharap, pemerintah tidak impor pangan untuk jalankan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan Amran saat menyambut Wakil Menteri Per­tanian (Wamentan) yang baru dilan­tik, Sudaryono, di Kantor Kemen­tan, Jumat (19/7/2024). Sudaryono yang juga asisten pribadi Prabowo itu dilantik menjadi Wamentan menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Usai acara pisah sambut, Amran mengatakan, kehadiran Sudaryono diharapakan dapat menyukseskan program makan bergizi gratis. Salah satunya adalah memasok pangan dalam negeri seperti sayur ikan dan telur.

"Pangan bergizi itu komponen­nya sayur, kita tidak impor. Telur, kita swasembada. Daging ayam, kita swasembada, ikan kita melim­pah," kata Amran.

Amran mengakui beras memang masih impor. Namun, ia berharap dalam beberapa waktu ke depan, produksi beras bisa swasembada sehingga tak perlu lagi impor.

"Jadi, semua komponen untuk pangan bergizi (makan bergizi gra­tis) insya Allah bisa kita penuhi deng­an baik, termasuk susu," imbuhnya.

Menurut Amran, Kementan telah melakukan persiapan untuk program makan bergizi gratis. Ia menegaskan, akan mengawal persiapan program itu bersama Sudaryono.

Sudaryono mengatakan, hasil panen dari program food estate akan digunakan untuk suplai makan ber­gizi gratis. Sementara, hasil produksi nasional akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk dijual di pasar dan dibeli oleh masyarakat.

Sudaryono menekankan, program food estate akan1 terus berlanjut, termasuk program-program sektor pertanian yang telah dijalankan oleh Presiden Jokowi. Menurut dia, sek­tor pertanian sangat penting1 dalam menjamin kedaulatan dan ketahanan pangan bangsa.

"Selain food estate, kami juga akan melanjutkan program intensifikasi dan pipanisasi untuk mencapai target kedaulatan pangan," ujarnya.

Program makan bergizi gratis yang digagas Prabowo mendapat sambutan hangat dari warganet. Banyak yang optimis program ini tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi kesehatan, tetapi juga memberikan dampak positif pada perekonomian desa.

Akun Twitter @ndosback ber­harap, program tersebut membawa manfaat bagi perekonomian pedesaan dengan melibatkan petani dan peter­nak lokal. "Semoga makan bergizi gratis dapat menggerakkan ekonomi desa," kicaunya.

Sementara itu, @makmur09 me­nyoroti keterlibatan peternak lokal dalam program ini. Tak cuma itu, ia berharap program tersebut meng­gerakkan ekonomi rakyat melalui kebutuhan mereka terhadap berbagai komoditas dalam sektor pertanian dan peternakan, seperti beras, daging, sayur, hingga telur.

"Semoga program makan bergizi gratis melibatkan peternak lokal," tulisnya.

Komentar serupa juga datang dari @kangforward yang menekankan program ini tidak akan berdiri sendiri, melainkan melibatkan berbagai kom­ponen pangan yang diproduksi oleh masyarakat pedesaan.

"Program ini luar biasa. Semua komponen makan bergizi itu ada ikan, beras, sayur, ada daging, ada ayam, telur. Ini nanti ekonomi rakyat bergerak karena itu dihasilkan di desa itu," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo