TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Merasa Sedang Dilatih Jokowi Jadi Presiden

Laporan: AY
Sabtu, 20 Juli 2024 | 08:41 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden terpilih, Prabowo Subianto, merasa sedang dilatih Presiden Jokowi agar tidak kaget setelah dilantik menjadi Presiden ke-8, 20 Oktober nanti.

Hal tersebut diakui Prabowo saat memberikan sambutan Peluncuran Geoportal Satu Peta 2.0 dan White Paper One Map Policy (OMP) Beyond 2024, di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).

Acara tersebut digelar oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono bertindak sebagai tuan rumah. Selain Prabowo, pejabat lainnya yang datang adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Prabowo mendapatkan tempat spesial di acara ini. Sebab, Ketua Umum Partai Gerindra ini, datang mewakili Presiden Jokowi.

Dalam pidatonya, Prabowo blak-blakan, bahwa yang disampaikannya adalah hasil catatan Jokowi. "Saya diinstruksikan mewakili Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo. Dalam hal ini, yang saya sampaikan sebetulnya adalah catatan-catatan, pointers dari Beliau (Jokowi),” ujar Prabowo.

Menteri Pertahanan ini dengan senang hati mewakili Jokowi. Baginya, pidato di Peluncuran Geoportal Satu Peta 2.0 ini, sebagai latihan dirinya menjadi presiden nanti.

"Saya kira, Bapak Presiden sedang melatih saya, supaya nanti tidak terlalu kaget setelah saya dilantik, insya Allah,” kata Prabowo.

Prabowo lalu memuji kepemimpinan Jokowi. Kata Prabowo, Jokowi merupakan sosok pemimpin yang baik dan patut dicontoh. Sebab, telah menyiapkan penggantinya dengan matang. 

“Itulah cara beliau, salah satu pelajaran kepemimpinan yang kita terima adalah pemimpin yang legowo. Kedua, pemimpin yang menyiapkan penggantinya,” lanjutnya.

Prabowo mengaku, akhir-akhir ini sering diminta Jokowi untuk turut serta dalam sejumlah rapat kabinet. Bukan hanya terkait dengan pertahanan, tapi juga yang lainnya.

"Sekarang, hampir semua rapat kabinet, saya diikutsertakan. Dan, duduknya sebelah Presiden sekarang,” imbuhnya.

Sejak ditetapkan sebagai Presiden terpilih oleh KPU pada 20 Maret lalu, Prabowo memang sudah diistimewakan Jokowi. Di acara-acara penting, Prabowo sering duduk satu meja dengan Jokowi. Jokowi juga sering mengajak ngobrol berdua dengan Prabowo.

Contohnya, saat Jokowi menggelar buka puasa bersama di Istana Jakarta, 28 Maret lalu. Dalam acara itu, Jokowi sudah duduk satu meja dengan Prabowo bersama Wapres dan para Menko. Prabowo duduk persis di samping kiri Jokowi.

Di momen lain, Jokowi terlihat memberikan arahan ke Prabowo secara khusus, di Istana. Hal itu terlihat dari foto yang diunggah Prabowo di akun Instagramnya, 5 April lalu. Dalam foto tersebut terlihat, Prabowo dan Jokowi duduk dalam satu meja, saling berhadapan. Jokowi terlihat berbicara seperti memberi arahan, sementara Prabowo duduk menyimak dengan seksama. Di atas meja berjejer rapi empat dokumen. 

Sehari kemudian, 6 April 2024, Prabowo kembali mengunggah foto saat bersama Jokowi. Kali ini, foto saat mengikuti Rapat Kabinet Terbatas soal anggaran. Dalam foto itu tampak Prabowo duduk di samping kanan Jokowi, setelah itu baru Mensesneg Pratikno. 

Yang teranyar, Prabowo terlihat duduk di samping kanan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, 24 Juni lalu. Sedangkan di samping kiri Jokowi ada Wapres KH Ma'ruf Amin.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan, setelah pengumuman resmi dari KPU, pihaknya memang menempatkan Prabowo duduk di samping Jokowi. "Kami selalu menempatkan posisi duduk Presiden terpilih tepat di sebelah Presiden RI Bapak Jokowi," ucap Yusuf, kepada Redaksi, Jumat (19/7/2024).

Yusuf menerangkan, penempatan posisi duduk Prabowo ini sudah seizin Jokowi. "Tentu hal tersebut juga atas arahan dan persetujuan Bapak Presiden," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menilai, Jokowi secara serius menyiapkan proses transisi pemerintahan.

"Bahkan, dalam susunan (tempat duduk), tidak harus menunggu nanti, sekarang pun juga sudah ada langkah-langkah yang diambil untuk mempersiapkan transisi itu," ucap Rahayu, saat ditemui di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Jumat (19/7/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo