TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Basuki Dan Raja Juli Malam-malam Blusukan Cek Kesiapan Air Bersih IKN

Laporan: AY
Minggu, 21 Juli 2024 | 08:37 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara, Basuki Hadimuljono bersama wakilnya, Raja Juli Antoni, blusukan malam-malam ke IKN. Mereka mengecek kesiapan IKN menggelar HUT ke-79 RI.

Blususkan keduanya terekam dari unggahan stories akun Instagram @ikn_id. Keduanya terlihat blusukan ke proyek IKN pada Jumat (19/7/2024) malam.

Saat blusukan, Basuki dan Raja Juli mengenakan rompi dan helm kerja di area proyek. Mereka didampingi oleh beberapa pejabat OIKN, seperti Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga.

Pada kesempatan ini, Basuki dan Raja Juli fokus meninjau kesiapan jaringan air di IKN. Titik pertama yang dikunjungi adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Intake Sepaku.

Setibanya di lokasi, keduanya sempat melihat-lihat jaringan air yang akan masuk ke IKN. Sesekali, kedua menteri itu, memberikan arahan kepada operator proyek. Mereka juga fokus menyimak penjelasan dari operator mengenai sistem jaringan air, yang nantinya akan digunakan oleh pejabat pemerintahan yang baru.

Setelah itu, mereka bergegas menuju ke titik kedua, yaitu Rumah Pompa Instalasi Pengolahan Air (IPA). Di sini, Basuki bertemu dengan mantan anak buahnya yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Djarot Widyoko.

Sebagai pakar yang merancang pendistribusian air untuk IKN saat masih menjabat di Kementerian PUPR, Djarot memberikan penjelasan mengenai Rumah Pompa Instalasi Pengolahan Air (IPA). Basuki dan Raja Juli terlihat aktif bertanya mengenai skema pendistribusian air.

Tempat ketiga yang dikunjungi Basuki dan Raja Juli adalah reservoir induk yang berada di ketinggan 187 meter dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Untuk diketahui, saat ini, jaringan air di IKN masih dalam tahap commissioning atau uji coba. Jaringan air baku sekaligus air minum ini ditargetkan bisa dialirkan ke KIPP pada akhir Juli 2024, dan bisa melayani tamu serta peserta upacara pada 17 Agustus 2024.

Terpisah, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga mengatakan, di IKN sudah ada sumber air baku, seperti Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 3.000 liter per detik di Intake Sepaku, dan 2.500 liter per detik di Bendungan Sepaku Semoi.

“Untuk tahap pertama, air baku dari Intake Sepaku akan diproses menjadi air bersih dan dialirkan melalui pipa sepanjang 16 kilometer (KM) ke pusat pemerintahan,” papar Danis, Sabtu (20/7/2024).

Selain itu, Danis menjelaskan, tol dari Balikpapan menuju IKN ditargetkan dapat difungsikan pada 17 Agustus 2024. Saat ini, Kementerian PUPR sedang membangun tol sesi 3A, 3B, dan 5A dengan progres rata-rata 90 persen.

“Kita akan fungsionalkan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur untuk digunakan menuju IKN,” ucapnya.

Jalan tol ini, kata dia, akan mengurangi waktu perjalanan darat dari Balikpapan ke IKN yang sebelumnya memakan waktu dua setengah jam, menjadi satu setengah jam. “Hemat satu setengah jam. Mudah-mudahan pada 17 Agustus itu sudah bisa terealisasi,” harap Danis.

Warganet ramai mengomentari aksi Basuki dan Raja Juli. Akun @sukardiyahya62 menyemangati keduanya dalam membangun ibu kota baru. “Proyek IKN sedang kejar tayang. Tetap semangat demi ibu kota baru,” tulis @sukardiyahya62.

Akun @jeri_rai bahkan terkesima dengan semangat Basuki dan Raja Juli merealisasikan pembangunan IKN. “Nggak kenal lelah ya, Pak,” sebutnya. “Selalu dukung IKN,”tukas @1_dreamchaser_1. “Kerja buat majukan Indonesia, Pak,” imbuh @kiranaandini0. “Semoga IKN sukses ya Pak. Amin,” pungkas @milaoktaa1.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo