TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Di Eka Hospital BSD Operasi Penggantian Lutut Hanya 60 Menit Dan Bisa Langsung Berjalan

Laporan: Irawan
Senin, 22 Juli 2024 | 08:16 WIB
Dokter Eka Hospital saat mempraktekan operasi penggantian lutut dengan menggunakan robotik velys. Foto : Ist
Dokter Eka Hospital saat mempraktekan operasi penggantian lutut dengan menggunakan robotik velys. Foto : Ist

SERPONG - Eka Hospital Group meluncurkan robot mutakhir untuk operasi penggantian lutut. Dengan alat ini dalam sehari pasien bisa beraktivitas kembali. Teknologi Robotik Velys, yang diperkenalkan oleh Gatam Institute Eka Hospital, merupakan generasi baru yang dirancang khusus untuk mendukung dokter bedah ortopedi dalam prosedur penggantian sendi lutut dengan akurasi tinggi. 

Kehadiran teknologi robotik bertujuan mengganti dan memperbaiki sendi lutut yang sudah rusak dengan menghilangkan bagian tulang dan tulang rawan yang rusak, serta mengganti sendi lutut dengan implan baru. 

Chief Executive Officer (CEO) Eka Hospital Group, drg. Rina Setiawati mengatakan, saat ini teknologi robot telah banyak digunakan dalam dunia kesehatan karena kemampuannya yang unggul dalam memberikan hasil operasi yang lebih presisi. 

"Dengan menggunakan alat ini tindakan operasi tidak memakan waktu lama, tanpa rasa sakit dan pemulihan bagi pasien lebih cepat," katanya. Sementara, Chairman Gatam Institute Eka Hospital Group, Dr. dr. Luthfi Gatam, Sp.OT(K) Spine, FICS, Ph.D menambahkan, dengan kehadiran teknologi baru ini dapat merevolusi cara dokter bedah melakukan prosedur penggantian lutut secara lebih modern, cepat dan memberikan hasil yang lebih presisi, efisien, dan meminimalkan risiko bagi pasien. 

"Dengan teknik robotik ini, kami para dokter mendapatkan panduan secara lebih jelas, termasuk perhitungan anatomi untuk mengetahui titik tulang atau sendi yang harus diangkat dan pada sudut mana sendi lutut buatan harus ditempatkan. Selain itu bagi Gatam Institute sendiri, teknologi ini semakin melengkapi jajaran alat canggih yang sudah ada sebelumnya ," ungkapnya. 

Dijelaskannya, tindakan operasi dengan robot velys buatan Amerika Serikat ini hanya memakan waktu satu hingga dua jam. Di Asia Tenggara, Eka Hospital yang pertama punya alat ini. "Bisa finish kurang lebih dari 60 menit jika dimaksimalkan dengan petugas medis yang mumpuni. Rata-rata pagi hari tindakan operasi, sorenya pasien sudah bisa berjalan," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo