TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hari Ini, Presiden Ke IKN Mau Ngecek Istana Dan Jalan Tol

Laporan: AY
Minggu, 28 Juli 2024 | 08:04 WIB
Jalan tol IKN

IKN - Setelah seharian melakukan aktivitas di Solo, hari ini Presiden Jokowi akan terbang ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Di IKN, Jokowi akan melakukan pengecekan jalan tol dan Istana Kepresidenan.

Sehari sebelum terbang ke IKN, Jokowi terlebih dulu melakukan kegiatan di Solo, Jateng, Sabtu (26/7/2024). Di kampung halamannya itu, Presiden melakukan dua kegiatan. Pertama, meresmikan rehabilitasi Pasar Jongke. Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi istrinya, Ibu Iriana.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim pada pagi hari ini saya resmikan rehabilitasi Pasar Jongke seluas 29 ribu meter yang menghabiskan anggaran Rp 124 miliar di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengungkapkan peran penting pasar dalam menggerakan ekonomi rakyat. Di mana berbagai komoditas pangan menjadi satu kesatuan. Karena itu, Jokowi semua pihak untuk membandingkan kondisi Pasar Jongke sebelum dan sesudah rehabilitasi.

“Saya sendiri juga kaget melihat pasar seperti ini. Menurut saya mal saja kalah,” ungkap mantan Wali Kota Solo itu.

Setelah meresmikan rehabilitasi pasar, Jokowi kemudian bergeser ke Karanganyar untuk menghadiri Munas 1 Relawan Alap-Alap Jokowi (AAJ). Acara ini, berlangsung tertutup. Jokowi hanya terpantau tiba di lokasi pukul 09.00, didampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Terpisah, Sekretariat Presiden (Sekpres) mengkonfirmasi kunjungan Presiden ke IKN hari ini, Minggu (28/7/ 2024). Dituturkan Deputi Biro Pers, Yusuf Permana, Presiden akan meninjau pembangunan jalan tol di IKN hingga Kantor Presiden.

“Beliau akan melakukan peresmian jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan tol IKN, peninjauan Kantor Presiden, dan Istana Negara,” beber Yusuf, dalam keterangannya.

Selain itu, Jokowi berencana mengecek kesiapan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79. Termasuk melihat-lihat sarana dan prasana pendukung IKN sebelum gelaran HUT RI. “Serta melakukan peninjauan lainnya,” lanjut Yusuf.

Kunjungan kali ini, Jokowi akan didampingi langsung oleh Kepala Otorita IKN yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Selain itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli. “Dan pejabat lainnya,” imbuh dia.

Adapun perkembangan terbaru dari proyek IKN yakni pada pembangunan autonomous rail transit (ART/kereta otonom tanpa rel). Dikabarkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, moda transportasi canggih itu sudah tiba di Nusantara. Menhub pun akan segera melihatnya bersamaan dengan kunjungan Jokowi ke IKN.

“Insya Allah hari-hari ini ART-nya sudah datang ke IKN. Jadi nanti hari Minggu saya ke sana sudah melihat (kereta tanpa rel) ada di sana,” ucap Budi Karya di Artotel Gelora Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2024) malam.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Risal Wasal menyebutkan kereta tanpa rel yang tiba di IKN baru satu rangkaian yang terdiri dari tiga kereta. “Satu trainset dengan tiga kereta. Nanti di 2025 baru, tapi kita bisa belum bicara ini ya, nanti deh,” tandas Risal.

Meskipun kereta sudah tiba di IKN, tapi feasibility study (FS/studi kelayakan) masih dalam proses. Kemungkinan besar proses Proof of Concept (PoC/uji coba) tetap bisa dilaksanakan sesuai yang direncanakan pada Agustus 2024. “Dalam waktu dekat akan dilakukan PoC oleh OIKN untuk uji coba,” pungkas Risal.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo