TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Persiapan Cagub Jateng, Irjen Luthfi Dimutasi Ke Kemendag

Laporan: AY
Minggu, 28 Juli 2024 | 10:31 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA TENGAH - Dijagokan jadi Cagub, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi dimutasi ke Kementerian Perdagangan. Mutasi ini dinilai sebagai persiapan Luthfi pensiun dini untuk maju di Pilgub Jateng.

Mutasi Luthfi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST 1554/VII/KEP/2024 yang diteken Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo. Dalam surat itu, tidak hanya Luthfi yang digeser, tapi total ada 157 Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Tinggi (Pati).

Posisi Luthfi selaku Kapolda Jateng akan digantikan oleh Brigjen Ribut Hari Wibowo. Brigjen Ribut Hari saat ini menjabat Kepala Biro Pembinaan Karier SDM Polri.

Digesernya Luthfi menjadi Irjen di Kementerian Perdagangan (Kemendag) bukan kabar baru. Kabar tersebut pernah disampaikan oleh Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

“Kan, lagi proses untuk Irjen Kemendag. Ini sudah hampir selesai,” ucap Zulhas saat ditanya mengenai isu Luthfi akan pensiun dini jika maju dalam Pilgub Jateng di sela acara Rakorwil DPW PAN Jateng di Kota Semarang, Sabtu (8/6/2024).

Saat ini, Luthfi menjadi bakal Cagub Jateng terkuat. Beberapa hasil survei menempatkan dia di posisi atas. Selain itu, ada empat partai yang sudah menyatakan mendukung Luthfi, yaitu Gerindra, Golkar, PAN dan PSI.

Lalu apa kata partai pendukung Luthfi? Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan Kapolri merupakan promosi bagi Luthfi. “Kenaikan pangkat, dari bintang 2 menjadi bintang 3,” katanya saat dihubungi, Sabtu (27/7/2024) malam.

Dasco memastikan, parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan telah menyatakan dukungannya terhadap Luthfi tidak akan berubah. Hanya saja, mengenai figur pendampingnya, masih dalam penggodokan.

Senada dikatakan, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Dia menyebut, Luthfi akan menjadi Irjen di Kemendag.

Menurutnya, rotasi ini semakin menegaskan bahwa lulusan Sepa Milsuk Polri 1989 ini serius maju di Jateng.

Sebelumnya, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengaku, mendengar informasi Luthfi akan segera pensiun dini dari Polri.

“Jadi kita sabar. Kita tunggu saja,” kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Untuk diketahui, Luthfi akan pensiun sebagai Polisi pada November 2024 mendatang bertepatan dengan Pilgub Jateng. Karena itu, jika mau maju di Pilgub Jateng, dia harus pensiun dini.

Ketemu Kaesang

Kemarin, Luthfi juga melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Pertemuan keduanya dilakukan di Solo Kopi, Colomadu, Karanganyar, Jawa Jateng.

Kaesang datang terlebih dahulu ke Solo Kopi. Kemudian, Luthfi datang pukul 11.40 WIB. Kaesang dan Luthfi lalu melakukan pembicaraan empat mata.

Setelah pertemuan, keduanya enggan memberikan keterangan kepada media. Mereka bahkan langsung bergegas meninggalkan lokasi. Keduanya kemudian menghadiri acara Munas Alap-Alap Jokowi di De Tjolomadoe, Karanganyar.

Dalam kesempatan ini, Kaesang menegaskan, PSI mendukung, Luthfi maju menjadi Jateng 1. Apalagi Luthfi pengalamannya banyak di Jateng.

“Bertahun-tahun menjadi Kapolda Jateng, Wakapolda Jawa Tengah, dan pernah menjadi Kapolresta Solo, kurang apa beliau ini? Sudah berpengalaman sekali di Jawa Tengah, saya rasa beliau layak memimpin Jawa Tengah selanjutnya,” ujarnya.

Kaesang meminta kepada relawan Alap-Alap Jokowi untuk memenangkan calon PSI ini.

Saat ditanya soal peluangnya jadi pendamping Luthfi, Kaesang enggan menjawabnya.

Dukungan terhadap Luthfi juga disampaikan oleh Relawan Pro Jokowi (Projo). Deklarasi disampaikan Ketua Desk Pilkada Projo Roy Abimanyu saat konferensi pers di Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan, Sabtu (27/7/2024).

“Bapak Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah,” kata Roy.

Lalu apa kata pengamat? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, mutasi ke Kemendag bagian dari persiapan pensiun dini Luthfi. Apalagi, Luthfi sudah mendapatkan banyak dukungan dari Parpol KIM dan relawan Jokowi.

Dalam beberapa kesempatan, Luthfi sendiri enggan menjawab soal persiapan maju Pilgub Jateng. Dia beralasan masih anggota Polri.

Warganet ikut mengomentari soal Luthfi. Menurut akun @DoangWarto, Luthfi dan Andika Perkasa menjadi calon kuat di Pilgub Jateng. “Keduanya merupakan calon kuat gubernur Jateng,” cuitnya.

Sementara akun @celotehtugas menyebut mutasi ini bikin bintang Luthfi makin bersinar. “Bintangnya jadi 3 coy,” ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo