TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pilar Wanti-wanti Masyarakat, Jangan Mudah Termakan Hoaks Jelang Pilkada

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 29 Juli 2024 | 16:54 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mewanti-wanti masyarakat agar tidak mudah termakan hoaks. Terutama saat ini, ketika perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sebentar lagi akan berlangsung. 

Guna mewaspadai penyebaran hoaks, Pilar mengatakan, saat ini pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus melakukan pemantauan.  

"Memantau perkembangan berita-berita, baik itu media sosial maupun media online ataupun berita yang tersebar melalui whatsap grup, dan sebagainya. Mudah mudahan tidak ada orang yang memanfaatkan situasi politik dengan menyebarkan hoaks," ujar Pilar, Senin (29/7/2024). 

Ia menyebuta bahwa hoaks sama dengan fitnah. Maka dari itu, Ia tak ingin pesta demokrasi yang sebentar lagi akan berlangsung menjadi tercoreng dengan perilaku tersebut. 

"Karena bagaimanapun juga, pesta demokrasi ini kan pesta kita semua yang harus disambut dengan baik. Kalau misalkan kita warnai dengan fitnah, dengan hoaks, dengan berita-berita palsu kan kita mengkhianati pesta demokrasi kita sendiri," ungkap Pilar. 

Pilar menilai, hoaks yang berkembang di tengah masyarakat berpotensi besar dapat menyebabkan permusuhan dan perpecahan. 

"Menurut saya tidak dengan cara itu orang menjadi jatuh. Orang itu tidak bisa direndahkan dengan dijatuhkan, tidak juga orang tinggi dengan disanjung-sanjung. Menurut saya semua berjalan dengan normal saja, menjalani pesta demokrasi ini dengan damai. Jangan dengan bermsuuhan, berantem lalu juga saling menghina, misalkan beda pilihan," tegasnya. 

Maka dari itu, Pilar kembali mengimbau masyarakat, agar lebih dewasa jika menerima suatu kabar atau berita yang datang dari mana saja. 

"Jadi saya harap masyarakat, apapun yang menjadi pilihannya, apapun pandangan politiknya, ya kita bangun Tangsel ini bersama-sama. Jangan dengan hoaks, fitnah atau mendeskriditkan orang," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo