TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Kepada Putin: Rusia Teman Baik Indonesia

Laporan: AY
Rabu, 31 Juli 2024 | 20:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

RUSIA - Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan, Rusia adalah teman baik Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prabowo, dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rabu (31/7/2024). 

Pertemuan strategis ini ditujukan untuk meningkatkan hubungan diplomatik dan kerja sama antar kedua negara. 

Saat membuka percakapan dengan Putin, Prabowo menyampaikan salam dari Presiden Jokowi. Dia mengaku sudah melaporkan rencana untuk mengunjungi Putin di Moskow.

Prabowo pun mengucapkan selamat kepada Anda, atas terpilihnya kembali Putin sebagai Presiden Rusia untuk kelima kali. 

Seperti diketahui, Putin berhasil memenangkan Rusia yang digelar pada 15-17 Maret 2024, dengan meraup 87,8 persen suara. 

"Di mata Indonesia, Rusia adalah teman baik. Saya pun akan melanjutkan dan menguatkan hubungan baik Indonesia-Rusia. Dalam sejarah, kami ingat, Rusia selalu menolong kami dalam berbagai aspek," tutur Prabowo, yang mengenakan setelan jas warna abu-abu tua, kemeja inner putih, dasi merah, dan peci hitam. 

Hingga kini, lanjut Prabowo, berbagai infrastruktur besar yang dibangun Rusia untuk Indonesia di Jakarta, masih ada dan terawat dengan baik.

"Kalau Anda datang ke Jakarta sekarang, Anda bisa melihat berbagai infrastruktur besar yang dibangun Rusia untuk Indonesia. Seperti Gedung Parlementer, Stadion Nasional (Gelora Bung Karno), jalan tol pertama (Tol Jagorawi), serta jembatan di berbagai wilayah Indonesia. Rusia juga ikut membangun kekuatan militer Indonesia," papar Prabowo, yang terakhir kali berkunjung ke Rusia pada 2020.

"Pesan orang tua, kami tidak boleh melupakan siapa pun yang telah menolong kami," imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo tampak didampingi Mayor Teddy Indra Wijaya. Sedangkan Putin, antara lain didampingi Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Sebelum mengunjungi Putin di Istana Kremlin, Prabowo telah lebih dulu bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara, Selasa (30/7/2024).

Dalam pertemuan yang juga diagendakan untuk menguatkan kerja sama pertahanan, Prabowo bertemu Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler, serta sejumlah perwakilan industri pertahanan negara tersebut.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo