TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tingkatkan Layanan, Disdukcapil Tangsel Pandu Masyarakat Urus Adminduk Secara Online

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 21 Agustus 2024 | 15:05 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

SERPONG UTARA -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat agar dapat mengurus segala keperluan administrasi kependudukan (Adminduk) secara daring atau online dengan mandiri.

Kali ini bimtek dilakukan kepada seluruh pengurus RT dan RT di Kelurahan Lengkong Karya, Serpong Utara, Tangsel, Rabu (21/8/2024). 

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, bimtek ini diberikan agar masyarakat dapat memahami cara mengurus Adminduk secara mandiri. 

Mengingat, saat ini hampir seluruh layanan Adminduk tersedia secara digital atau online.  

"Jadi ini adalah salah satu bentuk atau cara Dukcapil bersosialisasi. Kalau kita punya layanan salam 3 O, bahwa layanan adminduk sekarang harus online, dan paperless sesuai dengan perintah atau arahan Pak Presiden, kan online itu harus seperti apa dan bagaimana maka kita kirimkan tim untuk bimtek," jelas Dedi. 

Namun dalam bimtek kali ini, masyarakat dipandu lebih lanjut dalam mengurus akta kelahiran secara online. 

"Bidang lain pun dengan pola yang sama (online-red)," imbuhnya.

Dedi mengatakan, bimtek kali ini diikuti oleh puluhan masyarakat yang diwakilkan oleh para pengurus lingkungan. Terdiri dari pengurus RW dan RT, serta ibu-ibu PKK. 

"Harapannya kan mereka punya warga, mereka punya binaan. Ya paling tidak punya tetangga dan keluarga supaya paham bagaimana mereka memproses secara online. Cukup simpel sih sebenarnya kan, cukup foto persyaratan aslinya, cukup memakai handphone lalu upload di rumah dukcapil. Lalu selesai hari itu juga," jelas Dedi. 

Ia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat dapat lebih memahami cara mengurus Adminduk secara daring. 

"Andaikata masyarakat masih kesulitan untuk melakukannya sendiri maka yang bersangkutan bisa datang ke kelurahan misalnya. Untuk dibantu atau dipandu. Sehingga ke depan kalau mau mengurus apapun bisa sendiri," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo