TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Suntikan Modal Untuk Rakyat

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 24 Agustus 2024 | 09:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Bisnis rakyat kecil yang sudah mulai bernapas lagi, mesti dijaga agar bisa bertahan. Contohnya, di perkampungan padat penduduk, kios sembako dan warung makan murah yang mulai hidup lagi, butuh kucuran modal supaya tidak kembali terpuruk.

Untuk bisnis rakyat kecil yang sudah mulai menghasilkan laba, tam­bahan modal mesti diberikan dengan bunga super ringan. Dengan pinjaman lunak itu, mereka diharapkan bisa naik kelas.

Supaya perbankan bisa memberikan pinjaman dengan bunga super ringan, pemerintah mesti menambah subsidi bunga untuk bisnis rakyat kecil dan usaha mikro.

Supaya manajemen bisnis rakyat kecil itu baik, kementerian yang mengurus usaha kecil bersama-sama per­bankan mesti memberikan pelatihan manajemen keuangan. Untuk bisnis rakyat kecil yang baru sembuh dari sakit, perlu diberikan pendampingan manajemen minimal enam bulan.

Ke depan ini, kita berharap ekonomi rakyat kecil terus dipacu agar bergerak lebih cepat, sehingga tahun depan bisa tumbuh di atas 5,5 persen dan tahun 2026 tumbuh 6 persen. Kalau ekonomi di level bawah tumbuh 6 persen, ekonomi nasional diharapkan bisa tumbuh di atas 6,5 persen.

Dengan bantuan modal, bisnis rakyat kecil bisa ikut membantu mereka yang ada di lapisan paling bawah, untuk mendapatkan sembako murah dan seragam anak sekolah dengan harga terjangkau.

Usaha kaki lima dan warung makan murah yang ada di sekitar perkantoran juga perlu mendapat perhatian khusus. Mereka berharap bisa mendapat lokasi usaha yang strategis. Mereka juga berharap tak ada pungutan apapun.

Ke depan ini, para gubernur, bupati dan walikota juga mesti memikirkan bagaimana caranya pihak pemda bisa ikut memberikan bantuan modal untuk bisnis rakyat kecil.

Sudah saatnya para bupati dan walikota menyiapkan lokasi khusus untuk pedagang kakı lima, warung makan murah dan kios produk kerajinan. Tem­pat untuk usaha diberikan gratis. Ini penting supaya uang yang dimiliki, bisa 100 persen dipakai untuk modal usaha.

Selain di pusat kota, lokasi usaha untuk bisnis rakyat kecil juga mesti disiapkan di perkampungan padat penduduk dan kota-kota kecamatan.

Sekali lagi kita berharap, dengan menyiapkan lokasi yang strategis, bisnis rakyat kecil bisa tumbuh lebih cepat. Apalagi, ditambah bantuan modal dengan bunga rendah, bisnis rakyat kecil bisa naik kelas.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo