TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Di Papua Nugini, Paus Fransiskus Pilih Mobil Toyota Raize

Laporan: AY
Sabtu, 07 September 2024 | 13:44 WIB
Foto : RM
Foto : RM

PAPUA NUGINI - Gaya Paus Fransiskus yang bersahaja tak luntur meski sedang berkunjung ke negara orang. Kesederhanaan ini tampak antara lain dari pakaian yang dikenakan, tempat tinggal, hingga mobil yang digunakan. 

Saat di Jakarta, Paus memilih kendaraan yang umum digunakan yaitu Toyota Kijang Innova Zenix warna putih. Saat mengunjungi Papua Nugini, pada Jumat malam, Paus juga memilih mobil yang lebih sederhana, yaitu Toyota Raize warna putih dengan nomor pelat SCV 1. Jika dibanding Kijang Innova Zenix, Toyota Raize jauh lebih sederhana dan murah. Pilihan mobil ini didasarkan kondisi ekonomi masyarakat Papua Nugini yang penuh tantangan. 

Dari web Toyota, Kijang Innova Zenix dibanderol dengan harga di kisaran Rp435 jutaan. Semakin tinggi fitur dan teknologinya, semakin tinggi harganya. Untuk jenis hybrid misalnya, harganya bisa Rp635 jutaan. 

Sementara itu, Toyota Raize dikenal sebagai SUV kompak dengan harga yang lebih terjangkau. Raize 1.2 G MT misalnya, dibanderol mulai Rp 238,7 juta untuk varian manual.

Redaksi mengambil foto mobil yang digunakan Paus tersebut dari dekat. Mobil itu terparkir terparkir di lobi APEC Haus, Papua Nugini, Sabtu (7/9/2024). Saat itu, Paus Fransiskus menghadiri pertemuan dengan tokoh masyarakat dan korps diplomatik yang diadakan di gedung tersebut. 

Dilihat dari dekat, tak ada modifikasi berlebih dalam kendaraan tersebut. Kursi depan masih original. Begitu juga kacanya yang bening, bukan anti peluru. 

Seperti saat berkunjung ke Jakarta, Paus juga menolak menggunakan mobil antipeluru. Meskipun keputusan ini memicu perdebatan karena kekhawatiran terkait keselamatannya. 

Gaya Paus yang sederhana ini memang bukan hal baru. Di Vatikan, Paus juga dikenal karena menggunakan mobil yang sederhana yaitu Fiat Panda. Di Italia, Fiat Panda adalah jenis mobil paling murah. Mobil sejuta umat dan biasa digunakan oleh kalangan menengah bawah. Harganya Rp200 jutaan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo