TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pelaku Modus Ganjal ATM Dibekuk Polisi

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 11 September 2024 | 07:00 WIB
ATM-Polisi ungkap kasus ganjal ATM DI Kota Tangse, para pelaku kini sudah ditangkap.(dra)
ATM-Polisi ungkap kasus ganjal ATM DI Kota Tangse, para pelaku kini sudah ditangkap.(dra)

SERPONG - Dua orang pelaku pencurian dengan modus mengganjal ATM di sebuah minimarket di kawasan Rawa Buntu, Serpong ditangkap polisi. Keduanya diamankan di wilayah Curug, Kabuaten Tangerang.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi. Ade menyebut, kedua pelaku itu berinisial ES dan MS. Keduanya diketahui beraksi pada Kamis (8/8) lalu. “Korbannya seorang laki-laki, warga Serpong juga. Kedua tersangka diamankan pada Rabu (4/9) di wilayah Curug,” ujar Ade kepada wartawan, Selasa (10/9).

Peran ES adalah mengintip pin ATM milik korban dan mengalihkan perhatian korban. Sedangkan MS menukar kartu ATM korban, lalu mengganjalnya.

“Mereka berdua modusnya, saat korban lagi di TKP (ATM) di sebuah Alfamidi dan kesulitan mengakses ATM, lalu ada orang di belakangnya (pelaku) mengarahkan korban untuk menggunakan ATM di sebelahnya, namun tidak bisa juga,” ucapnya.

Ia melanjutkan, saat korban menggunakan ATM lainnya, pelaku mengganti, mengganjal dan mengambil kartu ATM korban serta diganti dengan yang baru.

“Setelahnya kartu keluar dari mesin ATM dan mengambil kartu ATM-nya sudah berbeda,” tuturnya.

Atas hal tersebut, korban mengalami kerugian senilai Rp 107 juta. "Kemudian korban langsung mendatangi kantor penerbit ATM-nya dan mendapatkan informasi bahwa rekeningnya sudah berkurang Rp 107 juta,” bebenrya.

Jadi, dia meminta masyarakat hati-hati, karena sindikat ganjal ATM tidak pernah bekerja sendirian. “Hati-hati saat kita mengambil ATM digerai-gerai ATM yang ada, kita harus mewaspadai kiri kanan,” ungkapnya.

Penyidik Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih terus mengembangkan kasus itu. “Proses ini masih dikembangkan oleh Subdit Resmob dan akan terus dikembangkan. Sementara baru satu TKP yang diungkap dan kami masih terus melakukan pengembangan lagi,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo