TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gempa M 5.7 Guncang Tapanuli Utara, Tak Berpotensi Sunami

Oleh: Farhan
Minggu, 15 September 2024 | 06:39 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SUMUT - Bumi kembali bergetar di wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut). Gempa terkini dengan magnitudo 5.7 mengguncang daerah tersebut pada Sabtu pagi (15/9).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah merilis informasi resmi terkait gempa ini. Info BMKG menyebutkan pusat gempa terletak di koordinat 1.86 Lintang Utara dan 98.95 Bujur Timur, tepatnya 17 kilometer Barat Daya Tapanuli Utara. Gempa ini berasal dari kedalaman 131 kilometer di bawah permukaan bumi.

Gempa yang mengguncang sekitar pukul 04.37 WIB ini terasa cukup kuat. Warga dari wilayah lain di Sumatera Utara juga mengaku ikut merasakan getaran tersebut. 

Dari penelusuran di media sosial, sejumlah netizen yang berada di Sibolga, Sidikalang, Barus, Mandailing Natal, Nias, Pakpak Barat hingga beberapa daerah di Aceh yang berbatasan dengan Sumut, antara lain Singkil dan Subulussalam turut merasakan gempa tersebut.

Meskipun guncangan terasa cukup kuat, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini. 

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi secara pasti. Oleh karena itu, kesiapsiagaan menjadi kunci utama dalam menghadapi bencana ini. 

Selalu perhatikan informasi resmi dari BMKG dan ikuti prosedur evakuasi jika diperlukan.

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo