TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Gercep, Dari IKN Langsung Terbang Ke Vietnam

Laporan: AY
Minggu, 15 September 2024 | 09:11 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

VIETNAM - Presiden terpilih, Prabowo Subianto tidak mengenal kata cape. Setelah keliling ASEAN dan ikut rapat kabinet di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Menteri Pertahanan itu, langsung terbang ke Vietnam. Melihat padatnya agenda Prabowo, warganet mendoakan Ketua Umum Partai Gerindra itu, selalu sehat.

Selama dua hari, Kamis-Jumat (12-13/9/2024), Prabowo berada di IKN. Prabowo menghadiri pengarahan Presiden Jokowi kepada pejabat TNI-Polri, serta mengikuti sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, IKN.

Dari IKN, Prabowo tidak langsung pulang ke Jakarta. Eks Danjen Kopassus itu langsung melanjutkan kegiatan kenegaraannya ke Vietnam. Di sana, Prabowo akan bertemu dengan Presiden Vietnam H.E. To Lam.

Prabowo tiba di Hanoi, Vietnam pukul 16.15. Setibanya di sana, Prabowo langsung disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, H.E. Do Hung Viet, dan Dubes Vietnam Untuk Indonesia, H.E. Ta Van Thong. Prabowo pun diberikan bunga warna-warni.

Setelah itu, Prabowo bertemu dengan Presiden Vietnam H.E. To Lam. Keduanya melakukan makan malam bersama dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antar kedua negara.

Prabowo terlihat mengenakan setelan jas dan peci hitam dengan dasi berwarna biru.

Pertemuan bileteral berlangsung di salah satu ruangan megah yang ada di Istana Kepresidenan Vietnam. Prabowo dan H.E. To Lam duduk berdampingan dengan latar belakang bendera negara masing-masing. Di antara dua bendera negara, terdapat patung Ho Chi Minh. Bapak negara Vietnam.

Prabowo didampingi oleh pejabat yang berasal dari Kementerian Pertahanan. Sementara H.E. To Lam ditemani delapan jajaran menterinya di kabinet.

Dalam pertemuan ini, Prabowo mengaku merasa terhormat dengan sambutan yang diberikan pemerintahan H.E. To Lam. “Presiden Republik Vietnam, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menerima saya hari ini, saya membawa salam hangat dari Presiden Joko Widodo,” kata Prabowo.

Prabowo juga mengucapkan selamat atas Hari Kemerdekaan Vietnam ke-79 yang jatuh pada 2 September. “Semoga terus meraih kesuksesan dalam membangun Vietnam,” ucap Prabowo.

Menurut Prabowo, Vietnam adalah negara sahabat yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia. Karena itu, keduanya berkomitmen untuk mempererat kerja sama di berbagai bidang. “Kami juga memiliki kemitraan strategis yang komprehensif yang akan terus berlanjut,” ungkapnya.

Selain itu, Prabowo juga menyampaikan keprihatinan terhadap bencana alam Topan Yagi yang baru-baru ini menimpa Vietnam.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia, kami menyampaikan belasungkawa atas korban jiwa dan kerusakan akibat musibah bencana Topan Yagi di Vietnam pada tanggal 7 September 2024,” sebut dia.

Prabowo memastikan Indonesia siap membantu Vietnam dengan kapasitas apa pun. Mengingat, Indonesia dan Vietnam sudah lama menjalin hubungan bilateral yang erat.

Saya berharap mereka yang tertimpa musibah diberi kekuatan agar bisa segera memulai proses pemulihan,” imbuh Prabowo.

Di akhir pertemuan, Prabowo turut memperkenalkan diri sebagai Presiden terpilih 2024-2029. Kemudian Prabowo mengundang Presiden Vietnam H.E. To Lam untuk datang ke Indonesia dalam acara pelantikan dirinya pada 20 Oktober 2024.

“Saya datang untuk melaporkan kepada Anda, dan jika Anda memiliki waktu, Anda bisa datang ke pelantikan saya. Itu akan menjadi kehormatan besar bagi rakyat saya. Terima kasih banyak,” tutup Prabowo.

Di kesempatan sama, Presiden Vietnam H.E. To Lam berharap kepada Indonesia untuk dapat berbagi pengalaman dalam bidang operasi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). “Saya berharap Indonesia dapat berbagi pengalaman dan membantu melatih perwira Vietnam untuk berpartisipasi dalam pasukan penjaga perdamaian PBB,” ujarnya.

Saat ini, para peserta diklat dari Indonesia di Vietnam tengah mengikuti program Praktik Bahasa Vietnam-1. Sementara itu, pada tahun 2024 ini para peserta diklat Vietnam di Indonesia tengah mengikuti program pendidikan bahasa Indonesia yang diharapkan dapat mengikuti pendidikan lanjutan perwira termasuk Sesko Matra dan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

Pertemuan ini diharapkan menjadi batu loncatan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara di sektor pertahanan serta berkontribusi dalam meningkatkan stabilitas dan keamanan regional.

Warganet pun merespon positif kerja keras Prabowo. “Gokil abis dari IKN langsung terbang lagi sehat sehat bapak,” tulis akun @fdzkria.

Lalu akun @pundi_ayu yang mendoakan Prabowo agar terus sehat untuk menjalankan tugas negara. “Masya Allah bapak. Sehat-sehat ya, Pak. Dua dari di IKN, eh sekarang udah beda negara lagi,” komennya @raqillaaylahp.

“Ya Allah, Pak @prabowo tadi masih di IKN & sekarang udah ada di Vietnam. Semoga Allah berikan kesehatan, kelancaraan dan kesuksesan untuk pak Prabowo & team,” tambah akun @raqillaaylahp.

Terpisah, partai politik koalisi menilai wajar jika masyarakat sangat perhatian terhadap Prabowo. Mengingat, ekspektasi publik terhadap Prabowo sudah ditunjukan jauh-jauh hari.

“Banyak agenda kenegaraan yang membutuhkan penaganan dengan cara kerja cepat, Presiden terpilih sangat speed-up dalam menuntaskan beberapa program serta agenda strategis pemerintahan,” tukas Ketua Umum PBB Fahri Bachmid kepada Redaksi, Sabtu (14/9/2024).

Apalagi, diucapkan Fahri, dalam nuansa transisi seperti ini membutuhkan kecepatan serta ketepatan untuk menyelesaikan urusan tertentu dalam pemerintahan. “Tentunya yang berada dalam cakupan urusan yang dibidani oleh Pak Prabowo,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo