TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

IKN Dibuka Untuk Umum, Dibatasi 300 Orang Per Hari

Laporan: AY
Selasa, 17 September 2024 | 09:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Mulai Senin (16/9/2024), Ibu Kota Nusantara (IKN) dibuka untuk umum. Bagi masyarakat yang mau jalan-jalan ke IKN, silakan datang. Namun, pihak otorita membatasi hanya 300 orang per hari yang bisa datang ke IKN.

Sebelum datang ke IKN, masyarakat harus terlebih dulu daftar melalui aplikasi IKNOW. Setelah terdaftar, baru diperbolehkan melihat tempat-tempat ikonik, seperti Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Mulai hari ini (Senin, 16 September) sobat bisa berkunjung setiap harinya pada pukul 09.00-17.00 WITA untuk merasakan sendiri suasana Ibu Kota Nusantara, ibu kota masa depan Indonesia,” demikian keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi Instagram IKN, @ikn_id, Senin (16/9/2024).

Program ini bertujuan agar masyarakat bisa melihat dan merasakan langsung semangat pembangunan IKN. “Untuk keamanan dan kenyamanan sobat, kuota kunjungan dibatasi 300 pengunjung per hari. Bila kuota sudah terpenuhi, sobat dapat mendaftar pada hari lainnya,” sambungnya.

Juru Bicara Otorita IKN (OIKN) Troy Pantouw mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan panduan kunjungan yang komprehensif bagi calon pengunjung. Panduan ini dirancang untuk memastikan pengalaman kunjungan yang nyaman, aman, dan memuaskan pengunjung.

“Lokasi parkir kendaraan sekaligus sebagai titik kumpul masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina),” kata Troy Pantouw.

Di titik kumpul ini, pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO). Kemudian pengunjung didampingi petugas melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju tempat-tempat ikonik di IKN. Perjalanan ini ditempuh dengan durasi 10 menit dan pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat.

“Pengunjung dapat mengunjungi, baik Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur, dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat,” ungkapnya.

Warga Antusias Ke IKN

Hari pertama IKN dibuka untuk umum, antusias warga yang datang sangat tinggi. Sebelum pukul 09.00 WIB, antrean warga yang ingin berkunjung ke IKN sudah panjang. Mereka rela datang pagi demi mendapatkan kesempatan lebih awal wara-wiri di sekitaran IKN.

Seperti dilihat dari kanal YouTube Dian Rana, mereka yang penasaran dengan pembangunan IKN bukan cuma orang dewasa. Banyak juga dari kalangan anak-anak yang memanfaatkan libur Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan berwisata ke IKN.

Awalnya mereka menunggu di area penjemputan. Kemudian bus listrik bergerak menjemput mereka sampai di Halte Plaza Seremoni. Dari sini, mereka bisa melihat infrastruktur IKN yang sedang dan telah dibangun. Termasuk Patung Garuda yang menjulang tinggi di belakang Istana Negara, IKN. Mereka pun mengabadikan momen ini dengan kamera handphone-nya masing-masing.

Di antara banyak pengunjung mengaku mengetahui IKN dibuka untuk umum setelah menemukan informasi dari media sosial. “Saya lihat-lihat YouTube kapan si IKN dibuka untuk umum, setelah saya tahu hari ini, kemudian saya langsung daftar di aplikasi IKNOW,” kata salah satu pengunjung yang mengaku dari Balikpapan, Kaltim.

Menurutnya, cara daftar di aplikasi IKNOW cukup mudah. Tinggal mengisi biodata diri lalu mengklik bagian Visit Nusantara untuk mendapatkan tiket masuk IKN. “Mudah daftarnya. Sama sekali tidak kesulitan dan kita datang ke sini enam orang lho,” tambahnya.

Dia lantas mengajak kepada pihak-pihak yang meragukan pembangunan IKN untuk langsung datang menyaksikan hasil dari mega proyek yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi itu.

“Kan banyak tuh yang menyangsikan IKN itu tidak berjalan, ternyata setelah kita masuk sini, luar biasa. Bagi yang menyangsikan, datang sendiri deh ke sini. Buktikan omongan kalian,” tegas dia.

Rupanya, bukan cuma orang Kaltim yang penasaran dengan IKN. Sri Murni, salah satu pengunjung yang mengaku dari Jakarta itu juga sengaja menyempatkan ke IKN di tengah-tengah kesibukannya dinas di Kaltim. “Saya tidak ingin melewatkan kesempatan itu,” ucap Sri Murni.

Sebagai akademisi, Sri mengaku sangat penting melihat langsung perkembangan pembangunan ibu kota masa depan tersebut. “Saat memakai aplikasi sempat terhambat. Namun, kami dibantu oleh petugas, jadi tidak ada masalah,” imbuh Sri yang mengunjungi Nusantara bersama tiga rekannya.

Selain di dunia nyata, terobosan Pemerintah yang membuka IKN untuk umum juga dipuji warga dunia maya. “Makin sip,” twit @jari_droid. “Rakyat Indonesia berbahagia menyambut IKN dibuka untuk umum,” timpal @abahajaaaa.

“Mana nih orang yg suka nyinyir bilang IKN bukan untuk umum. tuh liat orang berdatangan untuk selfie-selfie,” cuit @zy_zy_lestari. “Setelah di buka untuk umum, Masyarakat sangat antusias datang ke IKN,” timpal @ChovaMelians26.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo