TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kerap Mengundang Kemacetan, Pemkot Tangsel Usul Penggeseran Jam Masuk Unpam

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 14 September 2022 | 16:15 WIB
Foto : Istimrewa
Foto : Istimrewa

PAMULANG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menyoroti jam masuk kampus Universitas Pamulang (Unpam), baik yang berlokasi di kawasan Viktor, Serpong dan juga Pamulang, Tangsel. 

Pasalnya dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak, aktivitas kampus sering kali mengundang kemacetan yang terkadang memancing keresahan warga. 

Sebagai solusinya dalam rapat koordinasi, Pemkot Tangsel mengusulkan adanya perubahan jam operasional, paling tidak pada waktu masuk mahasiswa. 

Hal itu disampaikan di dalam rapat yang dilakukan sebagai  upaya mencari solusi, pada pekan lalu. 

"Antara lain usulnya bahwa jam belajarnya itu digeser jangan jam 07.00 WIB menjadi jam 08.00 WIB dan seterusnya," kata Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, kepada awak media, dikutip Rabu (14/9/2022).

Dalam rapat tersebut, hadir pula perwakilan kampus, jajaran Kepolisian, dan pihak terkait lainnya. 

Berdasarkan pengamatannya, ada dua titik kemacetan yang terjadi. Hal tersebut diamati ketika kemacetan parah terjadi saat terdapat aktivitas penerimaan mahasiswa baru Unpam, beberapa waktu lalu. 

"Iya itu di dua titik di Jalan Raya Viktor (Serpong) dan Jalan Raya Siliwangi (Pamulang) karena ada massa mahasiswa baru yang masuk atau ospek dari Unpam tapi ribuan jumlahnya. Jadi menyebabkan kemacetan cukup panjang," paparnya. 

Menurutnya, kemacetan tak dapat dihindari lantaran banyak mahasiswa yang tumpah ke jalan. Mengingat, aktivitas saat itu dihadiri oleh ribuanmahasiswa baru. 

"Karena itu satu jalur, badan jalannya juga tidak begitu lebar. Nah jam masuknya supaya enggak crossing sama anak SD SMP SMA yang melintasi di situ makanya (diminta) digeser sampai jam 08.00 WIB," ungkapnya. 


Kendati demikian, Benyamin menegaskan bahwa hal itu hanyalah usulan. Untuk keputusannya, tetap diserahkan kepada pihak kampus. 

"Iya karena menyangkut banyak hal untuk mereka, karena bukan hanya lalu lintas saja, tapi juga kaitan sama dosennya dan sebagainya. Kita serahkan sepenuhnya ke pihak rektorat," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo