Whoosh Cetak Rekor, Jumlah Penumpang Harian Tembus 25 Ribu

JAKARTA - Layanan kereta cepat Whoosh telah mencatatkan rekor terbaru dalam jumlah penumpang harian.
Pada 10 Mei 2025, sebanyak 25.316 penumpang menggunakan Whoosh dalam satu hari. Ini merupakan angka tertinggi sejak Whoosh dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.
Rekor ini melampaui catatan sebelumnya yaitu 24.350 penumpang pada 27 Januari 2025, dan 24.132 penumpang pada 5 Juli 2024. Sebagai perbandingan, pada masa awal operasional Oktober 2023, Whoosh hanya mampu melayani 7.474 penumpang per hari. Sepanjang tahun 2024, puncak jumlah penumpang harian tercatat di angka 24.132.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, pencapaian ini menjadi momentum penting bagi KCIC dalam menjadikan Whoosh sebagai moda andalan masyarakat untuk bepergian di antara Jakarta-Bandung dengan cepat dan nyaman.
Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh terhadap layanan Whoosh. Pencapaian ini menjadi bukti nyata bahwa transportasi publik berkualitas dan tepat waktu kini semakin diminati sebagai pilihan utama,” ujar Eva dikutip Selasa (20/5/2025)
Keberhasilan mencetak rekor baru ini tidak lepas dari penambahan jumlah perjalanan Whoosh secara bertahap dan konsisten.
Saat pertama kali diluncurkan pada Oktober 2023, Whoosh hanya mengoperasikan 14 perjalanan per hari. Jumlah ini meningkat menjadi 28 perjalanan per hari pada November 2023, lalu menjadi 40 perjalanan per hari pada Desember 2023.
Pada Mei 2024, kapasitas ditingkatkan menjadi 48 perjalanan per hari, dan akhirnya sejak 1 Februari 2025, Whoosh mengoperasikan 62 perjalanan per hari secara rutin.
Secara kumulatif, jumlah penumpang Whoosh telah menembus 9,3 juta orang hingga pertengahan Mei 2025. Tonggak 1 juta penumpang berhasil dicapai pada Desember 2023, hanya dalam waktu 2,5 bulan sejak peluncuran. Sementara itu, pencapaian 5 juta penumpang terjadi pada September 2024.
KCIC menilai, peningkatan jumlah penumpang secara bertahap ini didukung oleh berbagai faktor, antara lain penambahan jadwal keberangkatan, inovasi di bidang tiketing, penambahan fasilitas di kereta dan stasiun, konektivitas melalui berbagai intermoda, promo ke berbagai destinasi wisata, keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan, serta konsistem memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
Ke depan, KCIC optimis jumlah penumpang harian akan terus tumbuh seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Whoosh.
Eva menambahkan, dengan semangat untuk terus mendorong peralihan ke transportasi publik, KCIC berkomitmen menjaga kualitas pelayanan, memperluas jangkauan, serta terus mendukung mobilitas yang efisien dan berkelanjutan di Indonesia.
KCIC akan terus meningkatkan kualitas layanan, memperkuat integrasi antarmoda, dan menghadirkan perjalanan yang cepat, aman, dan nyaman.” tutup Eva.
Nasional | 17 jam yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
Pos Banten | 1 hari yang lalu
Pos Banten | 17 jam yang lalu
Pos Banten | 17 jam yang lalu
TangselCity | 15 jam yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
Pos Tangerang | 1 hari yang lalu
Pos Banten | 1 hari yang lalu
Olahraga | 1 hari yang lalu