Kopi Kenangan Siap Buka Gerai di Malaysia
TANGERANG, Kopi Kenangan akan membuka gerai pertamanya di Malaysia pada Oktober 2022 ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Edward Tirtanata, Founder Kopi Kenangan saat menghadiri acara penutupan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Aeon Mall, BSD City, Minggu (9/10/2022).
Edward bersama dengan Kopi Kenangan, percaya bahwa kopi Indonesia dapat sukses sebagai brand di luar negeri, sehingga hal tersebut membuatnya optimis untuk membuka cabang di Malaysia.
“Kita percaya bahwa kopi Indonesia itu bisa ke luar negeri, bukan sebagai komoditas tapi sebagai brand, maka dari situ lah kita bulan Oktober ini actually akan mulai Kopi Kenangan go global, kita akan membuka toko pertama kita di Malaysia,” kata Edward.
Kopi Kenangan sendiri memiliki motto perusahaan yaitu “Dari Indonesia, Untuk Dunia”. Kopi yang disajikan di Kopi Kenangan juga menggunakan kopi-kopi yang berasal dari Indonesia, tanpa komoditas kopi dari luar negeri sekalipun.
“Kita Kopi Kenangan mottonya adalah dari Indonesia untuk dunia, kita ga pakai kopi dari Colombia atau dari Afrika, tapi semuanya dari Indonesia, 4 area berbeda, Solok, Aceh, dan lain sebagainya, dari situ lah kita mencoba membuat satu toko, dua toko, tiga toko, sampai akhirnya,” ungkapnya.
Tak hanya akan buka di Malaysia, Edward menuturkan bahwa Kopi Kenangan akan membuka beberapa gerai di negara-negara lainnya. Terlebih, hal ini sudah menjadi rencana Kopi Kenangan sejak 5 tahun terakhir.
“Ini mimpi kita 5 tahun terakhir, kita percaya bahwa Malaysia is the first, bukan hanya di Malaysia saja, tapi 5 - 10 negara lain yang di luar negeri,” tuturnya.
Pada awalnya, Edward Tirtanata diragukan banyak orang ketika mengawali Kopi Kenangan. Bagaimana tidak, Kopi Kenangan hadir untuk bersaing dengan brand kopi yang berasal dari luar negeri.
Menurutnya, mereka memiliki keunggulan apabila ingin membuka bisnis kopi di Indonesia.
“Waktu itu dari 4 perusahaan yang sudah public di Indonesia, itu empat-empatnya brand dari luar, padahal kan sebenernya kita ada advantage sebagai brand lokal, kita bisa sourcing kopi lokal,” jelasnya.
Kopi Kenangan hadir menawarkan sesuatu yang berbeda dari brand kopi lainnya, sehingga mampu menarik perhatian masyarakat. Setelah melalui proses riset yang panjang, Edward menemukan bahwa sebuah kenangan akan sangat tepat apabila dipadukan dengan kopi.
Melihat hal tersebut, Edward berhasil menemukan apa yang “dekat” dengan para penikmat kopi dan mampu membawa kesuksesan Kopi Kenangan.
“Waktu itu kita percaya dengan branding kita yang unik ini, kita mau berbeda, karena semua orang dulu nama cafenya yang kebarat-baratan gitu ya, tetapi kalau kita percaya bahwa kita wanna be different, kita pengen berbeda,” ujarnya.
“Mangkanya kita merasa kopi dengan kenangan tuh kayaknya cocok, dan kenangan apa sih yang paling memikat, orang paling susah lupa ya kenangan mantan, dari situ lah kita memilih nama Kopi Kenangan karena kita percaya itu cukup mudah diingat dan membuat orang ingin kembali dan kembali lagi,” tambahnya.
Olahraga | 1 hari yang lalu
Pos Tangerang | 6 jam yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
Nasional | 2 hari yang lalu
Nasional | 2 hari yang lalu
Galeri | 16 jam yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu
Nasional | 1 hari yang lalu
Pos Banten | 2 hari yang lalu