TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pesan Mahfud Kepada Forum Rektor, Cari Presiden Yang Pro Demokrasi

Laporan: AY
Senin, 31 Oktober 2022 | 14:33 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Ist)
Menko Polhukam Mahfud MD. (Ist)

JAWA TIMUR - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau akademisi dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia memperkuat demokrasi.

Mahfud berpendapat Indonesia perlu menyiapkan pembangunan demokrasi yang bagus dan sistem hukum yang sehat.

"Demokrasi yang ada di Indonesia juga tidak perlu lagi dipertanyakan relevansinya. Demokrasi tidak perlu lagi diperdebatkan. Karena sudah teruji," kata Mahfud saat menutup Konferensi Forum Rektor Indonesia, di Universitas Airlangga Surabaya, Minggu (30/10).
Mahfud mengungkapkan, memang ada pihak yang ingin mengganti bentuk negara Indonesia. Dia jelas menentang pihak-pihak yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara. 

"Saya pasti menolak secara terbuka kalau Pancasila ini mau diganti," kata Mahfud.

Daripada negara Islam, Mahfud MD setuju jika dibentuk komunitas-komunitas Islam di masyarakat dan lingkungan kampus. Tak perlu melembaga sebagai negara. Islam hadir di berbagai lini sepeti dibuktikan dengan banyaknya masjid, termasuk di lingkungan Universitas Airlangga setiap fakultas, ada masjid," ujar dia. 

Dia juga mengatakan, Pancasila, demokrasi, dan bentuk negara Indonesia merupakan ijtihad yang dilakukan oleh tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia. Termasuk oleh pada ulama.

Oleh karenanya, menjelang Pemilu 2024, Mahfud berpesan kepada civitas akademika sebagai opinion leader bagi rakyat, agar berhati-hati dalam memilih pemimpin. Jangan sampai pemimpin yang dipilih, yang mau mengganti demokrasi di Indonesia.

"Tahun depan kita pemilu. Cari presiden yang benar," ujar Menko Polhukam.

Berkaca pada peristiwa 1998, dirinya juga mengajak sivitas akademika terus berdemokrasi.

"Mari kita berdemokrasi dengan baik dan sehat. Jika demokrasinya sudah rusak, maka kita orang kampus turut reformasi," tegasnya.

Di akhir pesannya, Mahfud meminta masyarakat Indonesia bersama-sama membangun demokrasi yang telah jadi pilihan terbaik bagi Indonesia.  "Demokrasi adalah jalan terbaik di antara pilihan-pilihan lain. Mari kita bangun bersama," kata Mahfud MD. 

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/nasional/146623/pesan-mahfud-kepada-forum-rektor-cari-presiden-yang-pro-demokrasi

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo