TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur, Diganti Rugi Rp 50 Juta

Laporan: AY
Selasa, 22 November 2022 | 15:35 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi bencana di Puncak akibat gempa Cianjur. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi meninjau lokasi bencana di Puncak akibat gempa Cianjur. (Foto : Setpres)

CIANJUR - Presiden Jokowi meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/11).

Lokasi pertama yang ditinjau Presiden adalah jalan raya Cibeureum, penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang.

Jalan yang sempat tertimbun longsor itu kini dapat dilalui kendaraan.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam. Belasungkawa atas terjadinya musibah gempa di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden, Selasa (22/11).

Presiden mengaku telah menginstruksikan jajarannya, untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Mulai dari pembukaan akses yang terkena longsor, hingga evakuasi dan penyelamatan korban-korban yang masih tertimbun longsor.

“Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah. Ini akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan, terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun,” papar Presiden.

Dia memastikan, pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga, yang rumahnya terdampak gempa.

Rumah yang rusak berat, mendapat bantuan Rp 50 juta. Rusak sedang Rp 25 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta.

“Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini, diwajibkan memakai standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Tadi, disampaikan oleh BMKG, bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan. Sehingga, pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” jelas Presiden.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/government-action/149814/jokowi-rumah-rusak-berat-akibat-gempa-cianjur-diganti-rugi-rp-50-juta

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo