TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Soal Foto Masuk Got

Gibran Bercanda, Anies Tertawa

Laporan: AY
Jumat, 06 Januari 2023 | 08:47 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Foto mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk got yang diunggah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, viral di Twitter. Banyak yang baper dan salah paham. Padahal, dalam unggahan itu, Gibran hanya bercanda. Anies pun tertawa dengan unggahan itu.

Foto masuk got ini sensitif. Karena sering jadi pemantik keributan antara cebong dan kampret di media sosial. Salah satunya foto Jokowi saat masuk got sebelum menjadi presiden, yang dituding sebagai bahan pencitraan.

Tak pelak, foto Anies, yang merupakan bakal capres dari NasDem, masuk got yang diunggah putra sulung Jokowi itu, sontak menyita perhatian warganet. Hingga tadi malam, foto ini sudah dilihat 5,1 juta kali, di-retweet 1.036 kali, dan dikomentari 795 warganet.

Dalam foto itu, Anies tampak mengenakan rompi oranye tengah berada di dalam got, memegang karung putih yang sedang diisikan lumpur. "Oh," cuit Gibran, singkat di akun @gibran_tweet, Rabu (4/1).

Sontak, foto tersebut langsung memancing keributan. Banyak yang mencak-mencak, mengkritik sikap Gibran yang dikira bagian dari aksi balas dendam setelah foto Jokowi masuk got sering dijadikan meme di Twitter.

Tapi, banyak juga yang ngakak, karena Gibran dinilai berhasil mencairkan ketegangan soal foto masuk got. Buktinya, banyak yang ketawa, termasuk Anies.

Anies pun ikut me-retweet unggahan Gibran itu dengan komentar lucu. "Sedang santai ngopi di rumah tiba-tiba mata kedutan. Jebul lagek dirasani … :) #ABW," tulis Anies, di akun @aniesbaswedan, kemarin. Jebul lagek dirasani berarti sedang dibicarakan.

Komentar Anies ini juga banyak disukai, mencapai 5,7 ribu kali dan mendapat 928 komentar. Komentar datang dari lovers dan haters dengan respons yang beragam. Komentar panas tentu datang dari kelompok yang belum move-on. Tapi banyak juga yang berkomentar lucu-lucu.

Gibran lalu membalas kembali komentar Anies, dengan mengirim foto gambar maskot senyum sebuah merek minuman ringan. Namun, balasan Gibran ini tak menghentikan beragam komentar yang muncul.

Saat dikonfirmasi wartawan terkait unggahan foto tersebut, Gibran mengaku hanya sebagai candaan. Ia mengaku tidak ada masalah apapun dengan Anies.

“Ya nggak gimana-gimana, aku sama Pak Anies sante-sante wae (santai-santai aja). Ya, biar orang yang menilai saja, nek saya maksudnya becanda," kata Gibran, di Balai Kota Solo, kemarin.

Bagi Gibran, foto masuk got harusnya tak perlu ditanggapi secara berlebihan. Karena banyak orang pernah melakukannya. Termasuk dirinya.

"Masuk got kabeh pernah masuk got, termasuk saya. La ngopo to? Nek masuk got kan biasa, santai saja," tuturnya.

Ia mengaku, komunikasi tatap muka dengan Anies jarang terjadi. Menurut Gibran, hal ini karena Anies sedang sibuk.

"Ya nggak gimana-gimana, biasa-biasa saja (komunikasinya). Beliau sibuk sih sekarang," imbuhnya.

Sebelumnya, Gibran dan Anies pernah bertemu di Solo, pertengahan November lalu. Mulai dari sarapan di hotel, hingga menyantap nasi kebuli bareng di haul Habib Ali.

Pakar komunikasi politik Hendri Satrio mengatakan, komunikasi politik yang dibangun Gibran dan Anies dengan candaan ini adalah contoh yang baik dan patut ditiru politisi lain.

"Canda tawa saja, santai-santai. Sehingga masyarakat juga menanggapinya juga dengan canda tawa. Tidak dengan hoaks, tidak dengan emosi. Bagus," pujinya, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) tadi malam. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo