TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Blusukan Ke Pasar

Gubernur-Bupati, Tirulah Jokowi

Laporan: AY
Rabu, 18 Januari 2023 | 10:19 WIB
Presiden Jokowi pada acara Forum Forkopimda se Indonesia di Sentul, Bogor. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi pada acara Forum Forkopimda se Indonesia di Sentul, Bogor. (Foto : Setpres)

BOGOR - Kebiasaan Presiden Jokowi yang kerap turun ke masyarakat dan blusukan ke pasar-pasar tradisional diharapkan bisa menular ke bawah. Para kepala daerah, baik Gubernur, Bupati/Walikota harus bisa tiru kebiasaan tersebut. Selain bertemu rakyat, blusukan ke pasar untuk ngecek langsung harga kebutuhan pokok di lapangan.

Pernyataan ini disampaikan Presiden saat membuka Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Se-Indonesia Tahun 2023 yang di gelar di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jawa Barat, kemarin. Di acara tersebut, para kepala daerah mulai dari tingkat gubernur, bupati hingga walikota dari seluruh Indonesia hadir.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan sejumlah arahan. Salah satunya adalah mengajak kepala daerah bekerja keras menangani inflasi. Kata Jokowi, situasi global saat ini tidak mudah. Banyak negara mengalami inflasi tinggi. Ia pun bersyukur inflasi di Tanah Air masih terkendali di angka 5,5 persen.

Mantan Walikota Solo itu lalu meminta seluruh gubernur, bupati, dan wali kota, bersama-sama dengan Bank Indonesia terus memantau harga-harga barang dan jasa yang ada di lapangan.

"Sehingga sebelum kejadian besarnya itu datang bisa kita kejar dan kita antisipasi untuk kita selesaikan,” kata Jokowi.

Soal ini, Jokowi meminta kepala daerah sering-sering masuk ke pasar. Cek harga pangan apakah benar sesuai dengan di lapangan.

“Sudah enggak musim sekarang ini, yang namanya bawahan ABS (asal bapak senang) ‘Pak, baik Pak. Enggak ada yang naik Pak. Harga stabil Pak’. Saya cek langsung ke lapangan. Jadi BPS di daerah informasikan angka-angka yang apa adanya kepada kepala daerah,” tegasnya.

Jokowi juga meminta agar para kepala daerah berhati-hati dalam menentukan tarif air dan angkutan. Ia meminta agar penyesuaian tarif dihitung secara tepat karena bisa berpotensi menaikkan tingkat inflasi di daerah tersebut.

Rupanya, arahan Jokowi kepada kepala daerah agar rajin bluskan ke pasar dapat perhatian dari warga dunia maya. Mayoritas warganet mendukung bila kepala daerah rajin blusukan ke pasar dan mendengar keluh kesah warga.

Akun @miduk17 mengatakan, para kepala daerah sekali-kali belajarlah pada Jokowi. Menurut dia, Jokowi selalu konsisten turun kebawah. Sejak dari Walikota hingga jadi Presiden mau blusukan ke pasar menyapa rakyat.

“Jangan hanya blusukan saat menjelang kampanye saja,” ujarnya.

Akun @nikesubakti mengatakan, apa yang disampaikan Jokowi sudah betul. Blusukan ke pasar dapat dapat mendengar semua tanggapan masyarakat terhadap pencabutan PPKM ini.

“Kepala daerah jadi bisa lebih mudah menstabilkan harga sembako,” ujarnya. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo