TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ayahnya Jadi Raja Inggris

Datang Tanpa Anak Istri, Pangeran Harry Tak Ikut Momen Balkon Di Istana Buckingham

Laporan: AY
Minggu, 07 Mei 2023 | 07:22 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

INGGRIS - Pangeran Harry, putra bungsu Charles dari pernikahannya dengan mendiang Lady Diana Spencer, tak mendapat peran khusus di hari penobatan ayahnya sebagai Raja Inggris di Westminster Abbey, Sabtu (6/6).

Harry yang hanya mengenakan morning suit, duduk di baris ketiga, di belakang anggota keluarga kerajaan lainnya.

The Independent menyebut, Harry tak diizinkan mengenakan baju militer. Sesuai protokol kerajaan, anggota keluarga kerajaan yang tak aktif, tidak diperkenankan memakai baju militer di acara resmi kenegaraan.

Seperti diketahui, pada Januari 2020, Harry dan istrinya: Meghan Markle memutuskan mundur dari keanggotaan senior Kerajaan Inggris.

Konsekuensinya, mereka tak lagi bergelar Yang Mulia' atau His/Her Royal Highness (HRH). Namun, tetap berstatus Duke & Duchess of Sussex.

Andrew, adik Raja Charles III, juga tidak diberi peran khusus di acara penobatan. Statusnya sebagai anggota kerajaan aktif dibekukan, menyusul kasus pelecehan seksual yang diselesaikan di luar pengadilan.

Acara penobatan ini, menjadi momen pertama Harry bertemu sang ayah, Raja Charles III, setelah buku kontroversial berjudul 'Spare' terbit pada Januari 2023. Buku itu berisi kritikan Harry terhadap keluarga kerajaan.

Absen di Momen Balkon

Usai penobatan di Westminster Abbey, Harry juga tak ikut masuk kereta kencana dalam prosesi menuju Istana Buckingham. Seperti anggota senior kerajaan lainnya.

Dia terlihat tersenyum, saat memasuki mobil.Harry juga tak terlihat tampil bersama Keluarga Kerajaan di balkon Istana Buckingham.

BBC menyebut, Harry memilih tidak mengikuti acara sehari penuh. Sementara CNN melaporkan, Harry tidak menerima undangan untuk bergabung dengan keluarga di momen balkon.

Ultah Archie

Sejak mengundurkan diri dari kerajaan, Harry tinggal di kampung halaman Meghan: California, Amerika Serikat. Meghan dan kedua anaknya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, tak datang ke Inggris untuk menghadiri momen penobatan Charles sebagai Raja Inggris ke-40.

Praktis, Pangeran Harry datang sendirian ke Inggris alias sorangan.

Penobatan Raja Charles III jatuh pada hari yang sama dengan ulang tahun keempat cucunya, Archie.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo