TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Warga AS Ngeluh Sakit Mata Tenggorokan

Kabut Asap Kebakaran Hutan Sesaki New York City

Oleh: Farhan
Jumat, 09 Juni 2023 | 10:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

AS - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kanada menerjang Sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS). Kondisinya yang parah, membuat warga negeri Paman Sam kesulitan beraktivitas dan menderita sakit.

Badan Perlindungan Lingkungan AS menyebut, lebih dari 100 juta orang di kawasan timur laut Amerika, dan menyebar hingga ke barat, Chicago dan wilayah selatan, Atlanta, tengah bergulat dengan kondisi kualitas udara yang tidak sehat akibat kabut asap.

Di beberapa daerah, asapnya begitu pekat sehingga orang bisa mencium baunya di udara, yang merupakan rekor terburuk dalam 63 tahun terakhir.

“Baunya seperti seseorang sedang barbekyu,” kata Nicha Suaittiyanon (30), turis asal Thailand di New York. Dia mengeluhkan mata berair dan gatal.

Pengacara Hugh Hill (43) mengaku, tenggorokannya perih karena kabut asap. Seperti kebanyakan warga New York, dia memilih mengenakan masker saat berjalan-jalan dengan anjingnya di Central Park yang merupakan paru-paru hijau Manhattan.

Saya memakai masker. Jelas, itu tidak akan mencegah semuanya, tetapi anjing itu harus diajak jalan-jalan,” katanya kepada AFP.

Terlihat kabut kekuningan menutupi gendung-gedung pencakar langit Manhattan hingga ikon Patung Liberty. Penerbangan di New York telah ditunda karena kabut asap menyebabkan terbatasnya arah pandang.

Sejumlah acara olahraga juga batal digelar karena pekatnya kabut akibat kebakaran hutan di Provinsi Quebec dan Nova Scotia di Kanada.

Kantor Wali Kota New York Eric Adams memperingatkan warga untuk meminimalkan kegiatan di luar ruangan. Adams mengatakan, kota dengan julukan Big Apple itu memiliki Indeks Kualitas Udara (AQI) 484 pada Rabu (7/6) pukul 5 sore waktu setempat, yang diklasifikasikan sebagai berbahaya. Itu adalah rekor tertinggi di kota itu sejak 1960-an.

Kanada Minta Bantun Internasional

Kanada, kebakaran hutan yang dahsyat telah menelantarkan lebih dari 20.000 orang dan menghanguskan sekitar 3,8 juta ha lahan

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, kebakaran ini terburuk yang pernah dialami Kanada. Negeri Maple itu mengintensifkan seruan untuk mendapatkan bantuan internasional.

Pasalnya, lebih dari 480 petugas pemadam kebakaran hutan Kanada kewalahan untuk melawan amukan si jago merah.

Perdana Menteri (PM) Quebec Francois Legault mengatakan, Quebec saat ini hanya mampu memadamkan sekitar 30 titik api dari sekitar 160 titik api yang ada.

“Ketika saya berbicara dengan para perdana menteri di provinsi-provinsi lain, mereka sangat kewalahan,” kata Legault.

Sekitar 413 titik api dilaporkan tengah membara di seluruh negeri sejak Senin (5/6) pagi. Hampir 1.000 petugas pemadam kebakaran telah tiba dari Australia, Meksiko, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Amerika Serikat.

Sementara sekitar 200 petugas lainnya dari Prancis dan tambahan dari AS juga diperkirakan akan tiba dalam waktu dekat untuk membantu pihak berwenang Kanada.

Trudeau telah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden melalui telepon pada hari Rabu (7/6) untuk mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan AS .

Kanada Barat telah berulang kali dilanda peristiwa cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk banjir, tanah longsor, kebakaran hutan besar yang meluluhlantakkan seluruh kota, hingga rekor suhu musim panas terpanas yang merenggut lebih dari 500 nyawa pada tahun 2021.

Sebelumnya pada bulan Mei, kebakaran hutan di Alberta juga berhasil melahap hampir satu juta hektar hutan dan padang rumput, dan menyebabkan 30.000 orang kehilangan tempat tinggal. ***

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo