TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Beli Hewan Kurban, Cek Dulu Kesehatannya

Laporan: Sudin Antoro
Kamis, 15 Juni 2023 | 07:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SERPONG-Masyarakat harus hati-hati ketika membeli hewan kurban. Cek kondisinya, apakah hewan tersebut sedang sakit atau gejala lainnya. Membelinya pun harus di lapak yang sudah diperiksa tim kesehatan hewan.

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangsel, Pipit Surya Yuniar menyampaikan, yang dicek yakni, observasi penampilan fisik apakah menunjukan gejala-gejala penyakit dari yang ringan sampai berat.
 "Dari yang ringan, misalnya mata merah, diare kemudian luka-luka di sekitar mulut atau tubuh dan segala macam," ujarnya.

Dia melanjutkan, pengecekan dilakukan sampai ke penyakit LSD yang beberapa waktu itu viral.  Apakah ada yang mengarah gejala ke arah LSD atau tidak. Ada cacat atau tidak, apakah testisnya ada, dua atau hanya satu atau tidak ada karena sudah dikebiri.
 "Yang pasti kami Pemkot Tangsel sebisa mungkin menyisir semua lapak sehingga lapak-lapak yang mendapatkan stiker berarti sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari kami," tambah ia.

Maka disarankan agar masyarakat yang hendak membeli hewan kurban upayakan mencarinya di lapak yang sudah diperiksa tim kesehatan hewan. "Usahakan di tempat -tempat minimal kami sudah pernah mengecek lapak-lapak tersebut," sarannya.
 Soal kemudian setelah dicek tim kesehatan esok harinya hewan tersebut sakit. Bisa saja terjadi. Namun minimal pembeli mengetahui hewan yang sehat dan yang sakit.

"Kita tidak tau bisa saja kita sudah cek, besoknya sakit. Kita harus lihat hewan itu seperti apa kalau sakit. Sebetulnya dari penampilan hewan yang sakit bisa kelihatan," jelasnya.
 Hal yang paling mudah dilihat ciri-cirinya dari kulitnya seperti kudis, atau kakinya ada yang cacat seperti pincang dan area mata.
 "Yang paling sering diwaspadai seperti mata, kulit seperti ada gudik dan mencret, pincang dan luka-luka," tutupnya. 

Komentar:
ePaper Edisi 27 September 2024
Berita Populer
02
Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Ciputat

TangselCity | 1 hari yang lalu

03
07
Pimpinan DPRD Kota Tangerang Ditetapkan

Pos Tangerang | 1 hari yang lalu

09
Siswi Korban Penculikan Didampingi Psikolog

TangselCity | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo