TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ini Dia Pria Tergemuk Sedunia dengan Berat Badan 590 Kg

Oleh: Mg.1
Sabtu, 17 Juni 2023 | 12:07 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

MEKSIKO - Seorang pria asal Meksiko, Juan Pedro Franco, mencetak rekor dunia sebagai manusia terberat berdasarkan catatan Guinness World Records pada tahun 2016. Pria berusia 32 tahun itu memiliki berat sekitar 590 kg. 

Ternyata, sejak kecil ia mengaku telah memiliki masalah pada berat badannya. Bagaimana tidak, di usianya yang ke-6 tahun beratnya sudah mencapai 63,5 kg. Pada usia 17 tahun, beratnya sudah mencapai 228 kg.

Atas kondisinya itu, ia sempat hampir kehilangan nyawanya dan hanya bisa berbaring di tempat tidur dengan menggunakan popok. 

"Tubuh saya hanya mengikuti jalannya sendiri tanpa kendali apa pun," kata Juan kepada Guinness World Records.

Juan mengaku telah mencoba menjalani diet. Namun, menurut dia usahanya tersebut tidak membuahkan hasil. 

"Saya mencoba diet hari demi hari, tetapi tidak ada yang berhasil dan saya menjadi putus asa," lanjutnya.

Ia juga telah meminta bantuan seorang spesialis obesitas di Guadalajara untuk mengatasi permasalahan berat badannya. Untuk itu, Juan mau tidak mau akhirnya bangun dari tempat tidurnya setelah 7 tahun untuk menjalani operasi. Juan didiagnosis mengidap diabetes tipe 2, disfungsi tiroid, hipertensi, dan terdapat cairan di paru-parunya. 

Tak mau terjebak pada kondisi itu, Juan berhasil menurunkan berat badannya pada tahun 2017 silam. Ia pun diizinkan untuk menjalani operasi pita lambung yang berhasil mengubah hidupnya. 

Juan berhasil mengubah hidupnya dan terus menerus menurunkan berat badannya. Dalam waktu 3 tahun, ia berhasil menghilangkan 330 kg berat badannya. Atas keberhasilannya, ia mengaku lebih bahagia.

"Hanya dengan bisa mengangkat tangan dan bangun setiap hari, bangun untuk minum segelas air atau pergi ke toilet, membuat Anda merasa luar biasa," ucapnya.

 Ia pun sempat terinfeksi Covid-19 dan berhasil selamat lantaran kondisinya yang membaik.

"Rasanya luar biasa bisa bergerak lebih banyak dan lebih mandiri," kata Juan.

Jose Antonio Castaneda Cruz, ahli bedah juan, mengapresiasi perjuangan yang dilakukan oleh pasiennya itu. Ia bahkan takjub melihat Juan bisa melawan infeksi dan masalah kesehatan lainnya yang ia alami.

"Yang menarik adalah diabetes, hipertensi, dan semua penyakitnya terkendali. Dia orang yang sehat dan buktinya dia terinfeksi COVID dan itu tidak mempengaruhinya," kata Jose.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo