TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Besok Puasa Arafah, Begini Niatnya

Oleh: Mg.1
Selasa, 27 Juni 2023 | 17:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Umat Islam disunahkan menjalani puasa pada Hari Arafah yang akan tiba pada 9 Dzulhijjah 1444 H atau besok, Rabu (28/6/2023). 

Seseorang wajib membaca niat terlebih dahulu pada hari ini, Selasa (27/6/2023) malam, hingga menjelang waktu Subuh pada Rabu (28/6) pagi. 

Puasa Arafah ini sangat dianjurkan bagi umat Islam. Pasalnya, terdapat dua keutamaan bagi yang menjalankan puasa tersebut. Selain untuk menghapus dosa satu tahun yang lalu dan yang akan datang, orang yang berpuasa pada Hari Arafah juga dibebaskan dari segala macam siksa neraka.

Berikut adalah niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT

Siapa yang berpuasa pada hari Arafah, akan dihapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Hal tersebut sebagaimana disabdakan Rasulullah saw, bahwa “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR Muslim).

Selain itu, puasa Arafah juga akan membebaskan orang yang berpuasa dari segala macam siksa neraka. Sebagaimana disebutkan Rasulullah saw dalam sebuah haditsnya, bahwa Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari Arafah dibanding hari-hari lainnya. “Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?” (HR Muslim).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo