TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengidap Obesitas 200 Kg di Tangerang Dirujuk ke RSCM

Oleh: Mg.1
Rabu, 12 Juli 2023 | 16:20 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG, Cipto Raharjo (45), pria pengidap obesitas dengan bobot 200 kg, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) , setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang. 

Kakak kandung Cipto, Aristanto, menjelaskan bahwa kondisi adiknya saat ini sudah membaik setelah dibawa ke RSUD Kota Tangerang. 

 "Alhamdulilah membaik, jadi sudah ada tenaganya sedikit-sedikit, sudah bisa makan juga dan sudah bergerak dibandingkan sebelum dibawa ke RS. Meskipun di bagian kakinya masih agak sedikit sakit," kata Aristanto. 

Penanganan di RSCM, dinilai lebih efektif lantaran memiliki dokter-dokter spesialis yang mampu menangani pasien obesitas. Selain itu, perlengkapan di RSCM juga lebih lengkap dibanding dengan RSUD Kota Tangerang. 

Atas dasar itu, Cipto dirujuk dan dipindahian ke RSCM untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

"Di sana juga untuk penanganan kakinya yang sakit itu lebih efektif dan saya berharap nanti di sana Cipto bisa pulih dan kembali normal seperti biasanya,”ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Media dan Perawatan RSUD Kota Tangerang, dr Amir Ali juga menjelaskan alasan Cipto dipindah ke RSCM. 

“Kan kita sudah ketahui pasien dengan obesitas berat itu harus penanganan yang lebih efektif lagi yang dimana membutuhkan dokter-dokter spesialis yang berhubungan penyakit obesitas tersebut, dan di RSCM itu semua lengkap,” kata dr Amir Ali. 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Cipto sebelum dipindahkan ke RSCM sudah diperiksa oleh pihak RSUD sampai akhirnya dinyatakan stabil. 

“Stabil bagus dan enggak ada kendala, tadi juga proses pengangkutan juga cepet ya nggak ada keluhan, tadi sebelum berangkat juga kita periksa semuanya dalam batas normal," jelasnya. 

Cipto disebutkan mengalami kenaikan berat badan lantaran kurangnya mobilisasi yang dilakukan. Sehingga, ia mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis. 

“Dari awal kan memang kakinya sudah sakit ya, itu menyebabkan pergerakan atau mobilisasinya jadi kurang dan karena hal itu, kita tau sendiri ya pasti badannya akan mengalami pembesaran,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo