TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pelatihan VAR Tahap 2 Digelar

Erick: Kalau Masih Ada Yang Ngaco, Saya Gigit

Laporan: AY
Rabu, 19 Juli 2023 | 20:41 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) serius mengimplementasikan program kerja bidang perwasitan, demi meningkatkan pengembangan wasit.

Setelah melakukan seleksi, kursus, dan lokakarya terhadap wasit yang bertugas di Liga, PSSI bersama operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendatangkan instruktur FIFA, Subkhiddin untuk melakukan program pelatihan Video Assistant Referee (VAR).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan, perbaikan kinerja para pengadil di lapangan hijau, diprioritaskan untuk memastikan kompetisi liga musim 2023/2024 menjadi jauh lebih baik. Keputusan lapangan harus obyektif. pertandingan berjalan lancar, bersih, dan fair.

"Pelatihan ini sangat penting. Apalagi, sebentar lagi kompetisi Liga 2 segera dimulai. VAR akan segera diimplementasikan. Saya berharap, usaha keras PSSI ini ditanggapi serius oleh para wasit, karena ini untuk perbaikan korps wasit Indonesia," papar Erick yang juga menjadi Ketua Komite Wasit PSSI, Rabu (19/7).

"Jika setelah pelatihan ini, masih ada yang ngaco, akan saya gigit," tegasnya.

Program pelatihan VAR berlangsung selama tiga hari, 18-20 Juli 2023 di Jakarta.

Program pelatihan VAR tahap kedua ini, dibagi dalam beberapa sesi sesuai materi pengenalan sistem VAR yang akan diterapkan.

Untuk program perbaikan wasit Liga Indonesia ini, Erick menugaskan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha sebagai penanggung jawab.

Dalam program pelatihan ini, setiap harinya, para peserta akan dipresentasikan materi-materi dasar dan pengenalan terkait sistem VAR.

Hal yang paling mendasar adalah Law of The Game (LoTG). Karena ini akan menjadi pedoman untuk mengambil keputusan.

Di hari pertama pelatihan, para peserta akan diwajibkan untuk mempelajari LoTG tahun 2023-2024, diikuti materi pengenalan dan analisis pendukung lainnya.

Di hari kedua dan ketiga, para peserta akan mempelajari hal-hal teknis terkait pengambilan keputusan. Diikuti trivia/kuis dan tes, dengan menyaksikan rekaman video, sebelum akhirnya menutup program dengan kesimpulan.

Di akhir program pelatihan, akan ada tes bagi semua peserta, terkait semua materi yang dipresentasikan selama tiga hari.

VAR adalah teknologi kamera video, yang sudah lazim digunakan di dunia sepakbola internasional, untuk membantu wasit. Agar dapat memimpin laga sepak bola dengan tertib dan adil, sesuai peraturan.

Pertama kali, teknologi VAR diuji coba pada laga internasional antara Perancis melawan Italia. 

Melihat kesuksesan penggunaannya, Induk Federasi Sepakbola (FIFA) menerapkan teknologi VAR di Piala Dunia 2018 Rusia.

Teknologi pendukung VAR diharapkan bisa mulai diterapkan di liga profesional, yang bergulir di Indonesia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo