TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Fajri Ganyang Malaysia, Melaju Ke Semifinal Korea Open 2023

Oleh: Farhan
Sabtu, 22 Juli 2023 | 08:00 WIB
Foto :Ist
Foto :Ist

KORSEL - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto alias Fajri melaju ke semifinal kejuaraan badminton Korea Open 2023. Fajri sukses mengganyang wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan skor 21-9, 23-21.

Ganda putra Fajar/Rian sudah mulai perlahan kembali ke per­forma terbaiknya. Di turnamen BWF sebelumnya, pasangan Fajri selalu tumbang di babak-babak awal. Kali ini, di turnamen Korea Open 2023 level 500 berhadiah 420.000 dolar Amerika atau setara Rp 6,3 mil­iar ini, Fajri cukup menunjukkan progres yang baik.

Bertanding di Stadion Jinnam, Yeosu, Korsel, kemarin, Fajar/Rian tampil percaya diri ke­tika berhadapan dengan ganda Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Di set pertama, ganda putra peringkat satu dunia ini tidak memberikan peluang bagi ganda dari negeri jiran ini.

Peraih juara All England 2023 ini sangat menguasai pertandin­gan. Sebagai 𝘱𝘭𝘢𝘺𝘮𝘢𝘬𝘦𝘳, Fajar sangat taktis menempatkan kok di depan net. Sedangkan, Rian sebagai juru gedor, dengan 𝘴𝘮𝘢𝘴𝘩 gledeknya tak mampu di bendung. Pertahanan ganda Goh/Nur kocar-kacir. Tak ban­yak yang bisa dilakukan ganda Malaysia yang pekan lalu men­juarai US Open 2023. Fajar/Rian pun menyudahi set pertama den­gan kemenangan mudah, 21-9.

Tapi di set kedua, permainan pasangan Malaysia ini sudah mulai berkembang. Mungkin ini karena masukan strategi dari pelatih mereka. Bahkan, ganda Harimau Malaya ini sempat unggul. Mereka meninggalkan Fajri dengan 16-12.

Fajar/Rian perlahan tapi pasti, mampu menyamakan skor 18-18. Bahkan, Fajri sempat unggul 20-19 dan disamakan Goh/Nur lagi jadi 20-20. Di poin kritis ini, ketenangan dan pengalaman sangat menentukan. Fajar/Rian mampu menyudahi perlawanan Goh/Nur dengan skor 23-21.

Dengan kemenangan ini, Fajri unggul 𝘩𝘦𝘢𝘥 𝘵𝘰 𝘩𝘦𝘢𝘥 7-1 atas ganda Malaysia ini. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Fajri ke babak semifinal Korea Open 2023.

Fajri adalah satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa. Di perempat final, Kamis (20/7) lalu, lima wakil Indonesia harus angkat koper. Yakni dua pasan­gan ganda campuran, Praaven Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emmanuella Widjaja.

Praaven/Melati harus kalah dari ganda campuran peringkat satu dunia asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan 16-21, 17-21. Sedangkan, Dejan/Gloria keok dari pasangan Korea, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan 14-21, 22-20, 11-21.

Kekalahan lain dialami dua tunggal putri dan satu ganda putra Indonesia. Yakni Gregoria Mariska Tunjung harus kalah dari tunggal putri Korea, Yu Jin Sin dengan skor 20-22, 17-22.

Lalu, tunggal putri lainnya, Putri Kusuma Wardhani meny­erah mudah dari wakil Korea, An Se Young, 7-21, 12-21.

Kekalahan lainnya dialami, ganda putra Indonesia, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang ka­lah dari ganda terkuat Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pramudya/Yeremia kalah dua set, 15-21, 15-21.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo