TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Khasiat dan Efek Negatif Meminum Kopi Hitam Setiap Hari

Oleh: Mg.1
Minggu, 23 Juli 2023 | 10:56 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG -  Kopi murni yang digiling langsung dari bijinya, diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang. Hanya saja, khasiat itu hanya bisa didapatkan jika kopi diminum secara polos, tanpa perpaduan komposisi lain seperti gula. 

Bagi orang dewasa, disarankan agar meminum kopi hitam setidaknya dua cangkir setiap hari. 

Berikut adalah 9 manfaat meminum kopi hitam tanpa gula:

1. Membantu daya ingat

Kopi hitam diklaim dapat bermanfaat untuk pikiran. Kopi hitam membantu untuk menjaga otak tetap aktif, meningkatkan daya ingat, dan juga menjaga saraf. 

2. Membantu fungsi kognitif otak

Kandungan kafein pada kopi, merupakan stimulan psikoaktif yang dapat bereaksi pada tubuh dengan meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. 

3. Menjaga mood

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh. Sebab, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kadar dopamin sehingga mampu meningkatkan suasana hati. 

4. Membantu mengurangi berat badan

Minuman ini diklaim dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen, sehingga membuat Anda lebih sering berolahraga. Kopi hitam juga membantu membakar lemak pada bagian perut.

5. Membersihkan saluran pencernaan

Kopi merupakan minuman diuretik, yang bisa membawa racun dan bakteri bersama feses ketika dibuang. 

6. Mengurangi risiko diabetes

Minuman ini ampuh untuk mengatur insulin pada calon penderita diabetes. Dengan meminum kopi hitam, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

7. Membantu mencegah penyakit jantung

Kopi hitam dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Meminum kopi hitam tanpa gula, dapat menguntungkan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

8. Membantu mencegah kanker

Kopi mengandung sifat antikanker yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker kolorektal. Sehingga, kopi dapat menurunkan risiko kanker hati sampai 40%.

9. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium. Sehingga, kopi memiliki efek antioksidan. 

Efek Negatif

Meski memiliki beragam khasiat kesehatan, kopi ternyata juga dapat memberikan dampak negatif bagi sejumlah orang. 

Penyebabnya utamanya adalah kandungan kafein pada kopi. Kafein pada dasarnya merupakan obat, namun bersifat adiktif dan dapat membuat penggunanya menjadi tergantung padanya. Orang yang rutin meminum kopi, jika mendadak berhenti dapat memicu sakit kepala, kekaburan mental dan kelelahan. 

Berikut efek lain dari terlalu banyak mengonsumsi kafein:

1. Meningkatkan kecemasan

Terlalu banyak mengonsumsi kafein, dapat meningkatkan kecemasan dan mengganggu pola tidur seseorang. Peminum kopi rentan selalu mengandalkan kafein untuk membantu dengan kelelahan siang hari. 

2. Meningkatkan kadar gula darah

Bagi beberapa orang, kopi dapat membuat mereka lebih sulit untuk mengelola insulin. Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan tekanan darah atau diabetes, beralihlah ke kopi tanpa kafein. 

3. Berpotensi melemahkan tulang

Bagi wanita pascamenopause, kafein berpotensi untuk menyebabkan pelemahan tulang belakang. 

4. Mengacaukan perut

Meskipun dapat melancarkan pencernaan, kopi juga bisa mengacaukan perut anda. Kopi dan teh tidak cocok untuk orang dengan masalah asam lambung dan juga mulas. 

5. Dapat meningkatkan kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, gunakanlah kertas saring saat membuat kopi untuk menjebak cafestol. Cafestol merupakan senyawa pada kopi yang mampu meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo