TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

DPRD Kabupaten Lampung Utara Tertarik Cara Kerja Dewan Tangsel Bahas KUA/PPAS APBD

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 28 Juli 2023 | 07:10 WIB
Anggota DPRD Kota Tangsel Rizki Jonis menerima kunjungan kerja dari anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, Kamis (27/7).(dra)
Anggota DPRD Kota Tangsel Rizki Jonis menerima kunjungan kerja dari anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, Kamis (27/7).(dra)

SETU-DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menjadi kunjungan kerja (kunker) dari DPRD berbagai daerah di Indonesia. Seperti pada Kamis (27/7),  DPRD Kota Tangsel mendapatkan kunjungan dari DPRD Kabupaten Lampung Utara.

 Dalam kunjungan kerja tersebut, DPRD Kabupaten Lampung Utara diwakili oleh Komisi III yang diketuai Jhoni Bedyal. Rombongan wakil rakyat itu diterima langsung Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Tangsel, Rizki Jonis.

 Kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Lampung Utara tersebut untuk mengetahui seperti apa DPRD Kota Tangsel dalam melakukan pembahasan dan juga penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

 Dimana saat ini Pemeirntah Kabupaten Lampung Utara bersama dengan DPRD Kabupaten Lampung Utara sedang melakukan pembahasan KUA/PPAS untuk APBD 2024.

 “Dan kami memilih Kota Tangsel, karena kami tahu kalau saat ini DPRD Kota Tangsel bersama dengan Pemkot Tangsel sedang melakukan pembahasan KUA/PPAS untuk APBD 2024,” ujar Ketua Komisi III DPRD Lampung Utara, Jhoni Bedyal.

 Dia menerangkan, bahwa Kota Tangsel termasuk kota yang sangat cepat dalam menyusun APBD untuk tahun anggaran tahun selanjutnya. "Sehingga kami ingin tahu seperti apa sistem dan mekanisme penyusunan anggaran yang dilakukan oleh DPRD Kota Tangsel,” tambahnya.

 Sementara, Rizki Jonis menjelaskan sistem atau mekanisme pembahasan anggaran yang dilakukan oleh DPRD Kota Tangsel kepada dewan dari Lampung Utara itu.

 Dimana dalam proses pembahasan anggaran, Rizki mengatakan dilakukan oleh Banggar bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Tangsel.

 “Dan setiap Komisi di DPRD Kota Tangsel pun diliatkan, dengan melakukan pembahasan mendalam dengan Orgainsasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja setiap Komisi. Setelah seluruh Komisi melakukan rapat dengan OPD mitra kerjanya, dan hasilnya akan diberikan kembali kepada Banggar. Selanjutnya Banggar akan kembali melakukan pembahasan dengan TAPD,” jelasnya.

 Dengan mekanisme tersebut, ia mengatakan, DPRD Kota Tangsel selalu tepat waktu dalam penyusunan anggaran. “Bahkan kami bkini lebih sering selesai lebih awal, dari yang ditargetkan oleh Kementrian Keuangan dan Kementrian Dalam Negeri,” pungkasnya.

Dahlan Iskan
Pos Sebelumnya:
Tentara Menulis
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo