TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Awas, Beras Tak Boleh Langka

Oleh: KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 29 Juli 2023 | 09:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Di negeri ini, beras adalah komoditi pangan paling stretegis. Kalau beras di pasar tradisional atau pasar rakyat langka, maka dalam waktu singkat bisa memicu gejolak.

Oleh karena itu, stok beras yang ada di tangan Bulog, di gudang-gudang swasta, di penggilingan padi dan pedagang beras di desa maupun kecamatan harus selalu berlebih.

Ke depan ini produksi beras mesti digenjot habis-habisan. Ini penting untuk menambah stok beras nasional.

Saat ini pasokan beras ke pasar dunia menurun signifikan. Ini terutama akibat langkah India melarang ekspor beras. Kemudian kekeringan di Thailand mengakibatkan produksi beras negara tersebut diprioritaskan untuk kepentingan dalam negerinya. Hal serupa dilakukan Vietnam.

Perdagangan komoditi pangan dunia kini berada dalam tekanan berat. Apalagi, setelah Rusia mempertimbangkan penarikan partisipasi dalam Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam.

Berkurangnya pasokan bahan pangan utama dan biji-bijian, akan mengakibatkan naiknya harga beras di pasar dunia.

Melihat perkembangan perdagangan pangan dunia yang kurang baik, kita berharap, pemerintah cepat melakukan antisipasi. Kalau akibat kekeringan, produksi beras dalam negeri sulit digenjot, maka upaya menambah stok di gudang Bulog mesti dicari dari pasar internasional.

Sejak awal Juli 2023 ini banyak negara mencari beras untuk menambah stok pangannya. Mereka takut terlambat. Mereka takut tiba-tiba harga naik. Kita juga mesti mulai mencari beras.

Kalau kemudian harus dilakukan impor, maka 100 persen harus ditangani pemerintah atau BUMN, bukan swasta.

Supaya aman, kita berharap ke depan ini, stok beras di gudang Bulog selalu di atas 2,5 juta ton. Tentu beras yang ada di gudang Bulog adalah beras dengan kualitas baik.

Kalau stoknya besar, maka begitu ada tanda-tanda beras mulai langka di pasar, bisa langsung dibanjiri dari gudang. Ini penting supaya harga beras terus stabil dan terjangkau orang-orang yang ada di level bawah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo