TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rebusan Air 5 Daun Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Oleh: Mg.1
Sabtu, 29 Juli 2023 | 13:05 WIB
Daun jambu biji. Foto : Ist
Daun jambu biji. Foto : Ist

SERPONG - Tingginya kadar kolesterol, pada umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, dan juga penyakit jantung. 

Selain dengan mengatur pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, kadar kolesterol juga bisa diturunkan dengan rebusan air dari daun-daun tertentu.

Berikut 5 jenis daun yang dapat menurunkan kadar kolesterol:

1. Daun Kelor

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah diterbitkan, daun kelor selain kaya akan nutrisi, ternyata juga dapat mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Daun ini pun mudah ditemukan, lantaran tumbuh subur di Indonesia.

2. Daun Salam

Daun salam memiliki manfaat yang besar dalam penurunan kolesterol. Sebab, ekstrak etanolik daun salam memiliki aktivitas potensial untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Daun Jambu Biji

Tak hanya buahnya, daun jambu biji ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat pada tubuh. Seseorang dapat terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke, apabila mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun jambu biji.

4. Daun Tulsi

Daun ini merupakan rempah yang rasanya sedikit pedas dan pahit. Berdasarkan penelitian pada 2018, menunjukkan bahwa daun tulsi dapat menurunkan kadar kolesterol. Setidaknya untuk merasakan ini, seseorang harus mengonsumsi 1 gram per hari. 

5. Daun Kersen

Daun kersen memiliki berbagai kandungan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan tersebut yakni antioksidan seperti glikosida, flavonoid, steroid/triterpenoid, dan tanid.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo