TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ribuan Warga Menyemut Ziarah Ke Keramat Cokel Lebak

Laporan: AY
Minggu, 30 Juli 2023 | 20:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

LEBAK — Ribuan pengunjung rela antre untuk ziarah di pemakaman Keramat Cokel, Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Minggu, (30/07/2023). Warga dari berbagai daerah itu untuk memperingati Haul Tb Kuncung Amarullah sekaligus peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah.

Tokoh masyarakat, Ari  Wibowo, mengatakan, kedatangan warga merupakan tradisi setiap tahun untuk datang ke Makam Keramat Cokel untuk melaksanakan tradisi yang biasa disebut ngembang.  “Tradisi ini oleh warga biasa dilakukan mulai dari tanggal 8 sampai 10 Muharram 1445 Hijriah. Arti dari ngembang merupakan tradisi turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu, yang diadakan setiap bulan Muharram setiap tahunnya,” kata Ari Wibowo.

Dijelaskannya, Tb Kuncung Amarullah merupakan ulama yang menyebarkan agama Islam di Banten, tepatnya di Kecamatan Curugbitung. Puncak Ngembang akan digelar ziarah bersama pada malam hari yang diikuti ribuan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. “Beliau merupakan tokoh penyebar Islam di kampung ini, banyak sekali para penziarah yang datang berbondong-bondong kesini dari berbagai daerah,” jelasnya.

Sementara warga Desa Curugbitung Sahrul, mengatakan adanya tradisi Ngembang Cokel sudah diselenggarakan setiap tahun. Ditambahkannya, kehadiran pedagang menjadi mata pencaharian warga sekitar baik dari Desa Curugbitung dan daerah sekitarnya. “Dengan kedatangan banyaknya peziarah ini dimanfaatkan oleh ratusan pedagang yang memadati area pemakaman untuk berjualan di sekitar jalan menuju ke makam,” ujarnya. (BNN)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo