TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Setelah Masa Jabatannya Habis, Ridwan Kamil Ingin Liburan Bareng Keluarga

Oleh: Farhan
Selasa, 01 Agustus 2023 | 18:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA BARAT - Masa bakti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum akan berakhir pada tanggal 5 September 2023.

Selepas masa jabatannya habis, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil berencana berlibur bersama keluarga ke luar negeri.

"Saya pamit dulu, mau keliling dunia dulu. Sudah 10 tahun tidak ke luar negeri yang sifatnya pribadi dengan keluarga," ujarnya seusai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Jabar, Selasa (1/8/2023).

"Duka bade ka mana (tidak tahu mau ke mana). Tapi intinya mau jalan-jalan dulu, refreshing. Istirahat," katanya.

Sebelum memastikan langkah apa yang diambilnya setelah tidak menjadi Gubernur Jabar, menurutnya, situasi politik dalam negeri masih sangat dinamis.

"Gimana tahun depan, kita lihat saja dari minggu ke minggu beritanya kan berubah-berubah, ya itulah politik. Yang penting saling mendoakan yang terbaik buat kami berdua, saya sama Pak Uu," katanya.

Pada rapat paripurna di DPRD Jabar, Selasa (1/8/2023), diumumkan pengusulan pemberhentian Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum selaku gubernur-wakil gubernur Jabar periode 2018-2023.

Berita acara rapat paripurna itu akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri. Ridwan Kamil mengatakan, pengumuman itu merupakan tahapan administrasi yang harus dilalui sebelum mengakhiri jabatan.

Terhitung 34 hari lagi jabatannya akan berakhir.

"Tidak terasa sudah 5 tahun dari 5 September 2018 sampai 5 September 2023. Masih ada sebulan kerja-kerja yang harus kami lakukan," ucapnya.

Kang Emil mengungkapkan, dalam sebulan ke depan ada beberapa agenda penting yang akan dilakukannya.

Antara lain peresmian monumen Kujang Sepasang di Sumedang, persemian Situ Bagendit Garut, hingga peresmian operasional kereta cepat Jakarta Bandung bersama Presiden Joko Widodo.

Dan kerja-kerja lainnya yang masih menjadi semangat kami di sisa 4 minggu terakhir," kata Kang Emil.

Kepada masyarakat Jabar, Kang Emil mengucapkan permohonan maafnya bila masih ada pembangunan yang belum maksimal.

Bersama jajarannya, dia mengatakan sudah berkerja keras menjadi pemimpin amanah yang membawa aspirasi dan kesejahteraan masyarakat.

"Kepada masyarakat Jabar kami mohon maaf lahir batin kalau selama 5 tahun ada kekurangan. Kami sudah bekerja keras," ujarnya.

Hingga saat ini era kepemimpinan Kang Emil sudah meraih 541 penghargaan yang menandakan ada 541 perubahan di berbagai bidang.

"Silakan dimonitor sebelum dan sesudahnya terjadi perubahan yang signifikan," sebut Kang Emil.

Pencapaian yang paling dibanggakan menurutnya adalah keberhasilan menghilangkan desa miskin dari seribuan lebih menjadi nol desa miskin selama 4 tahun.

Kemudian reformasi birokrasi di Pemda Provinsi Jabar menjadi yang terbaik se-Indonesia.

"Lain-lain di 540-an itu tapi dua terbesarnya itu dan juga menjaga ekonomi Jabar terbaik. Kalau infrastruktur Tol Cisumdawu yang 12 tahun menunggu selesai di era kami, kereta cepat juga Bandara Kertajati yang sudah bisa aktif," tuturnya.

Kepada Penjabat Gubernur Jabar yang akan memimpin setahun lebih kedepan, Kang Emil berharap bisa melanjutkan apa yang sudah ia reformasi.

Menurutnya semua dimensi pembangunan sudah ditentukan dan tidak perlu lagi ada konsep baru.

"Pj Gubernur Jabar tinggal melanjutkan saja apa yang sudah kami reformasi. Yang penting menjaga saja prestasi supaya hasil 5 tahun ini terjaga dalam waktu setahun lebih menjadi Penjabat," ujar Kang Emil.

Kang Emil optimistis para pejabat dan ASN Pemda Provinsi Jabar sudah punya semangat siapapun Penjabat Gubernurnya nanti.

Mereka akan tetap memiliki standard kerja seperti pada saat Kang Emil memimpin.

"Siapapun pemimpinnya nanti tidak akan ada penurunan, semua sudah sangat profesional," ucap Kang Emil.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo